KOTABARU – Duka korban kebakaran Desa Bali, Pulau Sebuku, Kotabaru adalah duka kita semua.

Ya, kalimat itu pertama kali diucapkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, kepada pers saat meninjau lokasi musibah kebakaran di Desa Sungai Bali, Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru baru-baru tadi.

Pernyataan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu rupaya turut menyentuh hati masyarakat Banua agar terpanggil membantu para korban terdampak kebakaran.

Dipimpin Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Hanifah Dwi Nirwana, Kadis Kehutananan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas ESDM, dan Balitbangda menyalurkan secara langsung bantuan dari segenap elemen masyarakat Kalsel, termasuk dari Karyawan dan Karyawati Pemprov Kalsel, Kamis (28/11).

Turut mendampingi, Dinas Sosial Kabupaten Kotabaru, Dispora Kotabaru, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perizinan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pertambangan, Staf Setda Kotabaru, KPH Pulau Laut Sebuku, KPH Cantung, dan KPH Kusan.

“Bantuan yang diserahkan hari ini hasil dari penggalangan dana seluruh instansi di Pemprov Kalsel dan seluruh elemen masyarakat Banua,” terang Hanifah.

Dijelaskan, penggalangan dana yang dilakukan merupakan tindak lanjut dan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, beberapa saat usai terjadi bencana kebakaran.

Jenis bantuan yang disalurkan antara lain bahan makanan dan minuman, keperluan bayi, peralatan memasak, keperluan sekolah, perlengkapan pribadi, perlengkapan mandi, dan lainnya diterima para korban dengan penuh suka cita.

“Semangat para korban bencana dan bantuan moril juga merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Agar mereka tetap bergairah dalam menjalani kehidupan,” pesan Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel yang disampaikan melalui Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq. (rah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here