TABALONG – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, kembali menjelajahi pelosok desa untuk menyapa rakyat Banua.

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Provinsi Kalsel, menjadi momen yang tepat untuk kembali merekatkan nilai-nilai persaudaraan dan persatuan.

Event nasional yang berlangsung dari tanggal 14 sampai 20 Desember 2019 itu diawali dengan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS).

LBKS Banua Bergerak menempuh jalur dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, dan Kota Banjarmasin.

Dalam setiap Perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua, –Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel,– bersama rombongan selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan rakyat.

Kegiatan lain yaitu menghadiri bakti sosial dan event budaya adat asli masyarakat lokal, disamping memberikan bantuan.

Rangkaian kegiatan HKSN juga digelar event-event budaya tradisional yang mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal.

Kabupaten Tabalong dipilih sebagai “Kick off Start” LBKS dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019.

“Kegiatan HKSN sarat dengan nilai-nilai keramahan sosial. Terlebih diawali dengan LBKS,” ucap Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung pada Acara Pembukaan LBKS Bergerak, Sabtu (14/12).

Dikatakan Paman Birin, kegiatan HKSN merupakan momen tepat untuk lebih menghadirkan lagi peran pemerintah untuk rakyat, disamping merekatkan kesetiakawanan sosial.

Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara,
dalam sambutannya yang dibacakan Dirjen Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazaruddin mengatakan, LBKS bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai kesetiakawanan sosial.

Ini diformulasikan dalam bentuk penjangkauan atau outreach dengan mengirimkan (ekspedisi) darat dan sungai. Berupa tim ekspedisi kendaraan untuk menyalurkan berbagai macam bantuan dengan melintasi berbagai daerah di Kalimantan Selatan. (end/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here