BALANGAN – Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) dalam rangkaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 pada Minggu (15/12/2019) telah melintasi Kabupaten Balangan.

Tanjung menjadi kota pertama yang dilintasi para peserta dalam kegiatan yang dihelat Panitia HKSN. Kemudian pada hari kedua melintasi Kota Paringin Kabupaten Balangan. Nantinya, puncak peringatan HKSN akan dilaksanakan di kawasan Kantor Sekdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat (20/12) mendatang.

LBKS dan Lintas Banua Bergerak (LBB), menempuh rute Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberi kepercayaan kepada Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah pelaksanaan HKSN 2019.

“Ini merupakan penghargaan yang tak terhingga bagi warga Kalsel. Karena dengan menjadi tuan rumah dalam even besar ini, tentu akan mengangkat harkat dan martabat warga Kalsel,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, lanjut gubernur, sebagai warga Kalsel, khususnya para pelaku usaha, harus mampu memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, setiap even nasional yang digelar di Kalsel memberikan multi efek signifikan bagi pendapatan rakyat.

Menteri Sosial dalam sambutan yang dibacakan Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito, mengatakan, LBKS sangat strategis dalam rangka menyapa dan bersimpati serta berempati kepada masyarakat yang membutuhkan.

LBKS seluruhnya berbentuk kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat, khususnya yang membutuhkan pelayanan sosial. Ini mengingat selama tahun 2019 banyak terjadi musibah, baik itu merupakan bencana alam maupun sosial yang datang silih berganti.

Sementara itu Bupati Balangan, H Ansharuddin, mengungkapkan terima kasih kepada Kemensos dan Gubernur Paman Birin atas kepercayaan memilih Balangan sebagai lokasi LBKS.

Secara khusus, Bupati Ansharuddin mengaku bangga dengan kepemimpinan Paman Birin.

Menurutnya, Paman Birin adalah termasuk sosok gubernur yang peduli dengan rakyat. Ini terbukti pola kepemimpinan beliau yang selalu hadir untuk rakyat, meski harus berhari-hari turun menyapa masyarakat melalui kegiatan turun ke desa. (bdm/end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here