BANJARBARU – Kejuaraan Karate Open Paman Birin Cup 2019 resmi dimulai. Turnamen olahraga bela diri yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 Desember mendatang dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Sabtu (21/12), di Gedung Diklat BPSDMD, Jl Panglima Batur, Banjarbaru.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu berharap, melalui turnamen tersebut dapat dicetak atlet karateka yang ke dapannya dapat membawa nama harum Kalsel, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Karate, menurut gubernur, tidak hanya melatih fisik, tetapi juga melatih mental. Oleh karena itu, para karateka Kalsel bisa menjadi karateka sejati. Sehingga menjadi generasi yang jujur dan berdaya saing, sebagaimana sumpah karate itu sendiri.

Sementara itu Ketua Panitia, Andreas W Wicaksono mengatakan, digelarnya event ini dalam rangka pembinaan Karateka Lemkari Kalsel, sekaligus juga sebagai langkah awal menuju Kejurprov.

“Kejuaraan ini merupakan tindak lanjut dari keberhasilan Karateka Lemkari yang ikut mendukung Rekor MURI tiga bulan lalu, sekaligus untuk mencari atlet-atlet terbaik untuk mewakili dalam Kejurprov FORKI Kalsel Paman Birin Cup 1,” jelasnya.

Kejuaraan ini diikuti 517 karateka, termasuk kelas khusus ASN SKPD jajaran Pemprov Kalsel. Mempertandingkan Kata dan Komite putra/putri kelas pra pemula, cadet, junior, dan senior.

Event ini memperebutkan hadiah berupa medali dan Piala Paman Birin bagi Juara Umum, 1, 2, dan 3, serta sejumlah uang pembinaan.

Turut hadir dalam pembukaan, Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, dan anggota Forkopimda. (rny/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here