BANJARBARU – Kejuaraan Karate Open Tournament Paman Birin Cup 2019 Provinsi Kalimantan Selatan, sukses terlaksana dan resmi berakhir.

Kejuaraan karate dihelat dari tanggal 20-22 Desember 2019, ditutup Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris Makkie, mewakili Gubernur H Sahbirin Noor, Minggu (22/12).

Gedung Diklat BPSDMD Kalimantan Selatan, Jalan Panglima Batur No 1A, Banjarbaru, menjadi tempat bersejarah lahirnya talenta karateka terbaik.

Dalam kejuaraan Karate Paman Birin Cup 2019, Tim Lemkari Kabupaten Banjar berhasil keluar sebagai juara umum dengan raihan total 67 medali.

Kemudian disusul Lemkari Kotabaru sebagai juara umum kedua dengan raihan 19 medali dan INKAI Al Jihad Banjarmasin sebagai juara umum ketiga dengan total raihan 16 medali.

Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris Makkie, menyerahkan secara langsung trofi bagi juara umum.

Sementara kategori Kelas ASN SKPD Jajaran Pemprov Kalsel, Dinas Kehutanan Prov Kalsel meraih prestasi luar biasa dan dinobatkan sebagai Juara Pertama, disusul Panti Sosial Bina Remaja Dinsos Kalsel di posisi kedua.

Kemudian Tim Karateka Bapelkes dan Dinas ESDM diposisi ketiga.

Para pemenang mendapatkan medali dan Trofi Paman Birin bagi juara umum serta uang pembinaan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dalam sambutan tertulis dibacakan Sekdaprov H Abdul Haris Makkie, mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan.

“Selamat saya ucapkan kepada seluruh pemenang. Jangan cepat puas, terus berlatih agar bisa meraih prestasi yang lebih baik di tingkat kejuaraan yang lebih tinggi,” tulis Gubernur Kalsel.

Bagi yang belum berhasil menjadi juara, gubernur berpesan agar jangan menyerah, terus berlatih agar bisa bersaing dan meraih prestasi di masa yang akan datang.

Diharapkan, melalui turnamen karate ini dapat melahirkan atlet karateka Kalsel yang bisa mengharumkan nama Kalsel di tingkat nasional maupun internasional

Sementara itu Wakil Ketua Panitia, AKBP
Toetoes SW, mengatakan, digelarnya lomba katate ini dalam rangka Pembinaan Karateka Lemkari Kalsel.

Turnamen karate ini juga sebagai langkah awal menuju Kejurprov Karate Kalsel.

Kejuaraan ini merupakan tindak lanjut dari keberhasilan Karateka Lemkari yang ikut mendukung Rekor MURI yang telah dilaksanakan tiga bulan lalu.

Tujuan lain yaitu untuk mencari atlet-atlet terbaik yang akan disiapkan mewakili Tim Lemkari Kalsel pada Kejurprov Forki Kalsel Piala Paman Birin Cup 1

Dalam kejuaraan karate Paman Birin Cup 2019 ini diikuti 517 karateka.

Sementara itu H M Yus’a Saleh, Kepala PSBR Dinas Sosial Provinsi Kalsel mengaku bangga atas raihan prestasi karateka instansinya.

“Semua berkat latihan ulet dan semangat dari Gubernur Kalsel yang terus menggelorakan semangat bergerak untuk peningkatan prestasi olahraga di Banua,” ucapnya. (rny)

Berikut hasil perolehan medali Kejuaraan Karate Open Tournament Paman Birin Cup 2019;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here