Jelang Haul, Pemprov Rehab Dua Jembatan Senilai Rp 9,8 M

0
549

BANJAR- Dinas PUPR Kalsel menggelontorkan dana APBD murni senilai Rp 9,8 milyar untuk melakukan rehab atas dua jembatan di Kota Martapura khususnya daerah menuju Jalan Sekumpul. Jembatan pertama adalah di Jl Pendidikan yang merupakan jembatan penghubung antara Jl Pendidikan atau Jl Sekumpul menuju Jl A Yani, kedua adalah jembatan penghubung antara Sekumpul Ujung atau Sungai Kacang dengan daerah Bincau.

Kedua jembatan tersebut merupakan titik kemacetan utama saat haul Guru Sekumpul setiap tahunnya. Dari tahun ke tahun jamaah yang datang ke haul semakin membludak sehingga lebar jembatan tak mampu lagi menampung arus lalu lintas yang padat.

Seperti diketahui lebar jembatan tersebut hanya 3 meter saja sehingga Dinas PUPR saat ini melakukan pelebaran hingga 7 meter

 

Saat ini, pelebaran Jembatan di Jalan Pendidikan sudah hampir tuntas, tinggal pengeringan bahan. sementara jembatan Bincau, sedang dlm tahap pengecoran. Gubernur Kalsel Sahbirin Noor lewat akun FB resmi mengatakan rehab  jembatan tersebut ditargetkan rampung sebelum Haul Guru Sekumpul yang  ke 15 dipredikasi pada akhir Februari 2020.

“Insya Allah kedua jembatan tersebut selesai jelang haul Guru Sekumpul, Mudahan upaya ini, bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan di sana,” tulis Paman Birin dalam FB-nya.

Sebelumnya,  Pemprov Kalsel mendeteksi  ada dua di jembatan vital saat haul Guru Sekumpul. Satu, di Jalan Pendidikan Martapura, yaitu jalan masuk antara Jl A Yani hingga kawasan Kubah Sekumpul. Kedua, di jalur sekumpul ujung, antara Jl Irigasi & Komp Bincau Indah, Desa Bincau, Kab Banjar. Diharapkan dengan pelebaran ruas jembatan, maka kemacetan saat Haul Guru Sekumpul dapat sedikitnya terurai. ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here