BANJARBARU – Pendidikan dan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Angkatan 1-16, resmi dibuka di Kampus II BPSDMD Kalsel Kamis (9/1) pagi.

Gubernur Kalsel yang diwakili kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Sugian Noorbah, menyampaikan latihan dasar CPNS ini untuk membentuk aparatur negara yang bermutu dalam pelayanan publik.

“Pelatihan ini untuk memperdalam pemahaman organisasi pemerintahan, tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, serta sikap dan perilaku seorang pegawai negeri,” tulis gubernur.

Pelatihan ini juga menentukan kelayakan para CPNS sebelum disahkan nanti. Karena itu, gubernur berpesan bahwa karir PNS ditentukan oleh kemampuan dalam melaksanakan tugas. Dia juga mengingatkan agar tidak menyalahgunakan jabatan.

“Jangan sekalipun berpikir untuk mengandalkan kedekatan dengan gubernur, bupati/walikota atau pejabat-pejabat tertentu demi meraih karir yang cemerlang,” pesannya.

Saat ini pemerintah sedang melaksanakan upaya-upaya terukur untuk meningkatkan kinerja birokrasi, agar dapat bergerak cepat dan tepat.

Gubernur, ujarnya, ingin agar aparatur pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel memiliki motivasi untuk menciptakan birokrasi yang cepat.

“Pengangkatan PNS, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik, cepat, profesional, serta berorientasi pada peningkatan pelayanan,” sebutnya. (adm/pim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here