KANDANGAN –  Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Selatan menggelar outbound untuk memantapkan keahlian dan kebersamaan di Alam Roh 7, Loksado.

Loksado yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan outbound.

Selain memiliki lingkungan yang masih asri dan sejuk, Loksado juga sebagai tempat edukasi yang pas untuk mengasah kemampuan di alam terbuka.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin, mengatakan, outbound kali ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 11 hingga 12 Januari 2020.

Jenis kegiatan edukasi diisi dengan berbagai macam games kekompakan hingga menyusuri Sungai Amandit menggunakan lanting dari bambu dan perahu karet.

Dijelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan tujuan untuk memantapkan keahlian dan memupuk kebersamaan, sikap pantang menyerah, menumbuhkan rasa percaya diri, dan terciptanya semangat kerjasama serta yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kecintaan terhadap alam.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang persiapan karena Kalimantan Selatan bakal menjadi tuan rumah event nasional, yakni Kemah Bela Negara yang digelar pada bulan Juni 2020.

Kemah Bela Negara itu sendiri akan mempertemukan generasi muda Indonesia. Salah satu tujuan penyelenggaraan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan intensitas interaksi dan gotong royong di antara perserta.

Ada beberapa lokasi yang ditawarkan Kwarda untuk menjadi venue rangakaian kegiatan kemah bela negara yang salah satunya adalah Loksado.

“Kita menawarkan Loksado menjadi salah satu tempat penyelenggaraan adalah untuk mengenalkan potensi wisata.”katanya.

Disampaikannya, bela negara bukan hanya dengan mempertahankan NKRI, tetapi juga dapat diwujudkan dengan tidak merusak lingkungan. Selain itu, para peserta nantinya juga akan bergabung dan membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Rencananya, pada bulan Februari, Kwarda Kalsel akan mempresentasikan dihadapan Kwarnas terkait kesiapan menjadi tuan rumah Kemah Bela Negara tersebut. (adm/pim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here