BANJARBARU – Kalimantan Selatan kembali menjadi pelopor untuk event-event besar melibatkan masyarakat.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan berskala nasional, antara lain Harganas, Revolusi Mental, dan HKSN 2019 di awal tahun 2020, daerah berpenduduk 4,1 juta jiwa ini kembali mencatatkan rekor sejarah.

Kali ini dalam hal pemrakarsa menikmati buah durian terbanyak bersama masyarakat, yakni 23 ribu orang dengan jumlah durian yang disiapkan sebanyak 43 ribu buah.

Event untuk rakyat yang dilaksanakan di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1/2020) itu membuat Kalsel meretas sejarah dalam kebersamaan menikmati buah durian.

Kemeriahan dan kebahagiaan sangat terasa dalam Festival Durian bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin.

Sejak pagi hingga acara dimulai, terhitung sekitar 24 ribu masyarakat yang datang.

Banua dalam kebersamaan menikmati atau makan durian gratis bersama Paman Birin.

“Hari ini kita makan durian bersama-sama dan mendapat penghargaan. Ini persembahan buat rakyat Kalsel,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga bertekad untuk menjadikan buah durian sebagai penunjang perekonomian di Kalsel.

“Saat ini 20 persen perekonomian Kalsel masih disumbangkan oleh batu bara, yang mana itu bisa habis sewaktu-waktu,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi ingin mengganti sumber daya alam batu bara tersebut dengan sumber daya alam yang terbarukan melalui bidang pertanian, salah satunya buah durian ini”, ujarnya.

Paman Birin pun berharap kedepannya buah durian dan buah-buah lokal Kalsel lainnya bisa menjadi sumber daya alam terbarukan yang mampu menunjang perekonomian Kalsel dan mensejahterakan rakyat Kalsel.

Dalam gelaran pesta rakyat ini, Kalsel memperoleh dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas pencapaian peserta dan buah terbanyak. Terhitung 43 ribu durian dibagikan kepada 24 ribu masyarakat yang hadir.

“Penilaian ini berdasarkan hitungan jumlahnya. Untuk total segini baru pertama kali,” kata General Manager LPID, Visca Mahu menambahkan.

Untuk Kategori Pemrakarsa dianugerahkan kepada Gubernur H Sahbirin Noor, dan satu kategori untuk penyelenggara dianugerahkan kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

Selain makan bersama, dalam festival ini juga dilaksanakan kontes durian dan pameran buah eksotik khas Kalsel.

Dalam penjurian, juara teratas ditempati durian asal Kabupaten Tanah Laut, yaitu Si Mangkal sebagai juara 1 dan Si Tangkai Panjang sebagai juara 2. (end/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here