BANJARMASIN – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Selatan bakal pecahkan rekor MURI Indonesia.

Ditahun 2019 lalu, Kalimantan Selatan berhasil catatkan rekor Muri dengan rekor 5.500 karateka. Rencananya, tahun 2020 atas arahan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menginginkan kembali adanya pemecahan rekor Muri dengan melibatkan 7.000 pesilat di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah, dalam Musyawarah Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Selatan tahun 2020 di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu (25/1) pagi.

Hermansyah mengatakan, pemecahan rekor tersebut sesuai arahan Gubernur Kalsel yang merupakan pembina olahraga.

“Kedepan akan diadakan pemecahan rekor muri untuk pencak silat dengan mengajak 7.000 pesilat, dan bisa lebih,” kata Hermansyah.

Hermansyah menuturkan, untuk melakukan pemecahan rekor tersebut tentu saja harus melakukan persiapan yang matang. Selain itu, pemecahan rekor ini juga untuk membuktikan bahwa animo masyarakat terhadap pencak silat juga sangat tinggi di Kalimantan Selatan.

“Jadi untuk waktu masih disesuaikan dan berkoordinasi dengan pengurus IPSI yang baru,” ucapnya.

Selain itu, Hermansyah menambahkan bahwa Pemprov Kalsel mendukung Penyelenggaraan PON XX yang direncanakan akan diselenggarakan di dua daerah yakni Papua dan Jawa Timur.

Menurut Hermansyah, kesepakatan penyelenggaraan PON XX di dua daerah tersebut berdasarkan hasil dari pertemuan antara Menteri Pemuda dan Olahraga dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur beberapa waktu yang lalu.

“Info tersebut saya dapatkan dari group Dispora Indonesia. Ada beberapa hal yang mengharuskan penyelenggaraan di dua daerah. Selain karena perlu beberapa penyesuaian, juga ada beberapa venue yang masih belum siap,” kata Herman.

Dijelaskannya, ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jawa Timur pada PON XX mendatang, beberapa diantaranya yakni tenis meja dan soft ball.

Ia pun mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendukung pelaksanaan PON XX didua daerah tersebut. Ini juga merupakan angin segar bagi beberapa cabang olahraga yang berhasil lolos pada pra-PON dan akan bertanding di PON nanti.

“Jatim siap membantu Papua menyelenggarakan PON XX. Ini namanya semangat kolaborasi, kita selalu dukung agar PON XX berjalan dengan sukses. Terlebih Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor orang yang peduli dengan olahraga”, pungkasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here