BANJARBARU, – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menaruh perhatian besar terhadap makna peringatan Hari Pers nasional (HPN) 2020 yang akan diselenggarakan di provinsinya, 6 hingga 9 Februari mendatang.

Terlebih lagi, suka cita peringatan hari milik insan pers di nusantara tersebut, selain akan dihadiri Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju, juga akan dihadiri beberapa duta besar negara sahabat serta pejabat seluruh Indonesia.

Oleh karena itu nampaknya, akan ada kesan yang ingin ditinggalkan Paman Birin, sabutan familiar Gubernur Kalsel tersebut, untuk para tamu yang datang ke Provinsi Kalsel.

Kesan yang ingin terpatri dalam setiap tamu, selain untuk menggelorakan Revolusi Hijau, Paman Birin juga sudah menyiapkan lahan untuk menanam bibit pohon.

Dukungan unik Gubernur Kalsel ini disampaikan Kadishut Hanif Faisol Nurofiq saat menerima Panitia HPN yang diwakili Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Nurjaman Mochtar, Rabu (29/1).

Nurjaman datang untuk melihat kesiapan HPN di areal Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) dan Persemaian Permanen BPTH Banjarbaru.

“Dukungan yang dimaksud Pak Gubernur berupa kegiatan penanaman bibit pohon di areal Forest City, tidak jauh dari lokasi acara HPN 2020 yang berpusat di dekat Kantor Setdaprov Kalsel,” jelas Hanif.

Dalam menyambut tamu yang merupakan salah satu petinggi PWI itu, Hanif didampingi Kepala PUPUR, pejabat eselon 3-nya, seperti Kepala BPDAS Barito, Zainal Arifin. Pertemuan membahas hal teknis menyangkut titik lokasi penanaman.

“Dibantu BPDAS Barito, kami siapkan bibit pohonnya. Nanti akan diberi nama sesuai perwakilan PWI seluruh Indonesia. Ini menjadi koleksi tanaman endemik lokal provinsi se-Indonesia,” ujar Hanif.

Persiapan yang digelar, selain termasuk lokasi Presiden Joko Widodo menanam, juga direncanakan peresmian Kebun Bibit Desa (KBD) Kalsel dengan menghadirkan Kelompok Tani Hutan (KTH) pelaksana.

“Di Kalsel, KBD ada sebanyak 83 unit, dengan produksi sekitar 3.320.000 bibit. Rencananya akan kita hadirkan sekitar 500 orang sebagai perwakilan dari masing-masing KBD,” tuturnya.

Soal penanaman bibit pohon, program Paman Birin ini juga diapresiasi Menteri LH dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar saat beraudiensi dengan Ketua Pelaksana HPN 2020, Auri Jaya, di Kantor Kementerian LHK, Jakarta, baru-baru tadi.

Acara HPN bagus. Kita dukung dengan penanaman bibit pohon. Tujuannya untuk pemulihan lingkungan agar tetap segar dan sehat,” ujar Siti Nurbaya,

Sementara Nurjaman menjelaskan, peringatan HPN 2020 akan diisi sejumlah kegiatan, termasuk seminar. Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju dipastikan hadir, termasuk juga presiden.

“Selain menghadiri acara puncak, presiden dijadwalkan akan mencanangkan dimulainya Sapta Desa dan peresmian Pusat Pembibitan dan Penghijauan Nasional,” ungkap Nurjaman.

Sebelumnya, kepastian hadirnya presiden dalam acara puncak HPN 2020, disampaikan Ketua Umum PWI, Atal S Depari, setelah beraudiensi dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Senin lalu. (aco/both/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here