Beraktivitas di Hutan Kota Pemprov Kalsel Ternyata Mengasyikkan

0
229

BANJARBARU – Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) di kawasan  perkantoran  Sekretariat Daerah Provinsi  Kalsel, jalan Abdi Praja Banjarbaru, kini semakin dikenal luas masyarakat. Areal yang diinisiasi Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq telah mendapat apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, saat berkunjung medio Juli 2019 lalu.

Pembangunan MH2T sebagai upaya mempertahankan keberadaan hutan hujan tropis di Banua telah banyak dibahas sebelumnya. Kali ini, yuk kita kulik aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di MH2T.  Tentu ini bisa menjadi inspirasi Anda saat weekend.

Sebagai Sarana Edukatif

Tidak banyak hutan kota di Indonesia yang mampu meng-kombinasikan keanekaragaman hutan hujan tropis, sekaligus fungsi estetikanya. MH2T sebagai salah satu bentuk hutan kota, mampu menghadirkannya. Rindangnya pepohonan, tanah dan resapan air,  bahkan hama penyakit tanaman, bisa menjadi bahan penelitian dan pengembangan bagi teman-teman civitas akademika.

Identifikasi Jenis Pepohonan

Bagi yang tertarik dengan pohon-pohonan, Anda bisa  mengidentifikasi jenis-jenis tanaman yang ada di MH2T. Pastinya, kita bisa belajar sembari membunuh waktu. Pasti Anda akan menemukan hal unik dari kegiatan ini.

Piknik

Merasa kurang piknik atau suntuk? Anda bisa menggelar tikar di sini. Barisan pepohonan tentu menghalangi teriknya sinar matahari. Suasana-pun menjadi adem. Disarankan, oleskan lotion nyamuk agar piknik makin nyaman. Jangan lupa bersantap makanan, atau bisa membeli di warung di sekitar MH2T. Tinggal gelar tikar, selesai. Tapi, jangan lupa sampah dibuang pada tempatnya.

Kopi Darat Komunitas

Bertemu atau bersua dengan anggota komunitasmu tak perlu mahal dengan nongkrong di kafe. Manfaatkan saja keberadaan MH2T. Duduk di rerumputan atau gazebo yang ada. Sambil ngobrol dijamin akan membuat suasana lebih hangat. Lagipula, lebih murahkan?

Olahraga

Sekadar berjalan santai, jogging, bersepeda, senam,  bahkan aktivitas gym luar ruangan di MH2T? Kenapa tidak!

Membaca Buku

Nah ini dia aktivitas favorit banyak orang. Sambil duduk di bawah pohon, ditemani cemilan dan minuman, pasang headset, terus baca buku favorit. Duh.. berasa di surga..!

Bermain di Seputar Gazebo

Inilah alasan MH2T cocok untuk wisata keluarga. Ya, terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan bersantai tanpa biaya tambahan. Kegiatan outdoor ini tentu menyenangkan bagi anak-anak yang kini lebih sering main gadget daripada beraktivitas fisik.

Penanaman Bersama

Berbagai instansi pemerintah dan swasta telah banyak melakukan aktivitas ini. Selain ajang kebersamaan, tentunya dengan menanam, menambah kepedulian kita terhadap lingkungan yang lebih hijau. (alfi/bpth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here