BANJARMASIN – Guna mensinergikan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bersama SKPD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, di Hotel Roditha Banjarmasin, Rabu (12/2/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, melalui Asisten II Bidang ekonomi dan pembangunan setdaprov Kalsel, Syaiful Azhari mengatakan, rakornis ini sangat penting, mengingat perlunya singkronisasi antara provinsi dengan kabupaten/kota.

“Agar proses kebijakan maupun pembuatan regulasi bisa membawa kemajuan di bidang olahraga dan pemuda,” ucap Syaiful membacakan sambutan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin.

Paman Birin juga berharap, melalui rakornis ini, mampu melahirkan ide atau pemikiran yang bisa membawa kemajuan baik di sektor kepemudaan maupun keolahragaan.

“Diharapkan melalui rakornis ini, kita bisa menghasilkan SDM yang berdaya saing sehingga generasi muda kita dapat membentengi diri dari berbagai tantangan masa depan yang sangat berat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah menjelaskan, sinkronisasi kegiatan kepemudaan dan keolahragaan ini diperlukan agar tidak terjadi selisih paham pelaksanaan kegiatan antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Memang sudah sering disinkronkan, tapi masih saja ada kegiatan yang dilaksanakan oleh kabupaten/kota yang tidak bisa ditunjang oleh provinsi. Kita tidak ingin ini terjadi lagi,” kata Hermansyah.

Ditambahkannya, jika pelaksanaan kegiatan pembinaan kepemudaan dan keolahragaan ditingkat provinsi dan kabupaten/kota tersinkron dengan baik.

Ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kalsel.

Berdasarkan data tahun 2018, lanjut Hermansyah, IPP Kalsel berada pada posisi tiga terbawah dari provinsi lain di Indonesia. Sedangkan untuk IPP 2019 masih belum dirilis oleh pusat.

“Pembinaan kepemudaan dan keolahragaan harus sinkron antara provinsi dan kabupaten/kota. Hal ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan IPP Kalsel jadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Rakernis kepemudaan dan keolahragaan ini diikuti oleh seluruh Dinas Pemuda dan Olahraga dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here