BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara untuk bersikap netral pada Pilkada 2020.

Hal itu disampaikannya pada saat membuka Sosialisasi Pilkada bagi ASN lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (20/2) siang.

Gubernur H Sahbirin Noor mengatakan, sosialiasi ini untuk memberikan pencerahan sekaligus membuka wawasan ASN untuk memahami posisinya menghadapi pilkada serentak.

Disampaikan Paman Birin, warga Kalsel akan memilih 7 kepala daerah, yaitu gubernur wakil gubernur, bupati wakil bupati, dan wali kota wakil wali kota.

“Beberapa kali kita sukses menyelenggarakan pilkada, kita berharap tahun ini juga sukses,” ucap Paman Birin.

Untuk itu Paman Birin mengajak untuk bersama-sama mensukseskan dan menampilkan kesantunan serta bermartabat.

“Tidak ada pelanggaran dan tidak ada kecurangan akan melahirkan kepala daerah yang sesuai dengan harapan rakyat,” katanya.

Disampaikan Gubernur Kalsel, dalam mensukseskan pilkada serentak, ASN mempunyai peran penting dan strategis. Di samping mendukung kelancaran pelaksanaan pilkada, ASN harus tetap menjaga netralitasnya.

“Jangan sampai ada ASN yang melanggar aturan pilkada, karena banyak aturan yang mengikat ASN, aturan itu harus benar-benar dipahami ASN, sehingga tidak ada ASN yang bermasalah dengan hukum,” sebutnya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah mengatakan, sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan partisipasi dan pendidikan politik, khususnya ASN di lingkungan Pemprov Kalsel.

“ASN yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 1335 dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, KPU Kalsel, dan Bawaslu Kalsel,” ucapnya.

Heriansyah berharap, tingkat partisipasi pemilih pada pilkada tahun ini dapat meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya. (syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here