MARTAPURA – Warga masyarakat Desa Bincau, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atas renovasi jembatan di wilayah mereka.

Hal itu disampaikan Kepala Desa (Pembakal) Bincau, H Sahmudi usai peresmian jembatan di kawasan Bincau, Kabupaten Banjar, Kamis (20/2).

“Atas nama masyarakat di sini, khususnya Bincau, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Paman Birin dan jajaran. Tentunya ini sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktvitas, khususnya memudahkan para jamaah menuju haul Abah Guru Sekumpul,” tutur Pembakal Bincau, H Sahmudi.

Diutarakan, jembatan ini juga sebagai jalur alternatif jamaah dari Hulu Sungai menuju sekumpul maupun sebaliknya,” katanya.

Disampaikannya, dulu masyarakat tergolong susah melewati jembatan tersebut karena hanya mempunyai lebar 4 meter, namun kini sudah ditingkatkan menjadi 12 meter.

Menurutnya, jembatan ini menghubungkan antara Desa Bincau yang dihuni 6000 warga dan Desa Indrasari yang juga dihuni kurang lebih 6000 warga.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, selama kurang lebih 4 tahun ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya membangun infrastruktur di seluruh wilayah Kalsel secara merata untuk memenuhi hajat hidup orang banyak.

“Pembangunan jalan dan jembatan untuk meningkatkan konektivitas, khusus untuk di wilayah Sekumpul peningkatan ini untuk mengurai kemacetan,” ucapnya.

Selain itu patut disyukuri bersama, saat ini terminal baru Bandara Syamsudin Noor telah beroperasi, jalan akses menuju bandara juga terus dikerjakan. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan Kalimantan Selatan sebagai salah satu destinasi wisata nasional dan tentunya sebagai pintu gerbang ibu kota negara.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan, dibangun dan direnovasinya jalan dan jembatan merupakan perhatian besar Gubernur Kalimantan Selata, H Sahbirin Noor dalam pemertaan pembangunan.

“Khusus untuk memperlancar arus lalu lintas menjelang dan sesudah Haul Ke-15 Abah Guru Sekumpul. Di antaranya Pemprov Kalsel telah membangun dan memperlebar beberapa jembatan di kabupaten/kota berbeda,” katanya.

Disampaikannya, ada dua jembatan dibangun di kawasan Sekumpul Martapura, yaitu Jembatan Jalan Pendidikan, Sekumpul Martapura dan satu jembatan di Jalan Indrasari, Desa Bincau, Kabupaten Banjar dengan dana APBD Provinsi Kalsel sebesar Rp 9,8 miliar.

Kemudian peningkatan 3 jembatan di perbatasan Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarmasin yang terletak di Desa Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, dan di sepanjang ujung Jalan Veteran, Banjarmasin.

Jembatan itu adalah Jembatan Sungai Lulut, Jembatan Sungai Gardu I, dan Jembatan Sungai Gardu II. Ketiganya dibangun dengan dana APBD Provinsi Kalsel sebesar Rp 19,5 miliar. (syh/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here