BANJARMASIN – Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) RI, menggelar Rapat Koordinasi Nasional ( Rakornas ) Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes ) TA 2020 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (4/3/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel, Adi Santoso, menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi terhadap Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

“Terima kasih serta penghargaan tinggi kepada Kemenkes RI yakni melalui FARMALKES beserta jajarannya yang sudah menggelar Rakor di Kalsel, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami selaku tuan rumah dan Pemerintah Daerah,” terang Adi, membacakan sambutan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Paman Birin mengungkapkan, dengan adanya Rakor ini, dunia kesehatan khususnya di Kalsel diharapkan akan semakin berkembang dan lebih baik lagi.

“Tentu saja terselenggaranya rakornas farmalkes 2020 ini diharapkan mampu membenahi, memperbaiki, serta meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan di Indonesia, khususnya di Kalsel. Dan semoga akan melahirkan rumusan-rumusan yang bisa menyelesaikan berbagai macam masalah di dunia kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes), Maura Linda Sitanggang mengatakan, rakor ini merupakan kegiatan tahunan, dengan bahasan utamanya hal-hal terkait RPJMN 2020 dan Rencana Strategis 2020-2024.

“Jadi program strategis dilakukan dengan indikator-indikator sampai 2024,” katanya.

Salah satu rencana strategisnya yakni dengan mendorong penggunaan fasilitas alat kesehatan produk dalam negeri.

“Kita harap penggunaan alkes dalam negeri meningkat. Karena, kita sudah mampu memproduksi di dalam negeri,” ucapnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here