BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menyikapi virus corona (Covid-19).

Imbauan Gubernur itu disampaikan Sekda Provinsi Kalsel, H Abdul Haris pada rapat koordinasi pencegahan virus corona bersama seluruh stakeholders terkait, Banjarbaru, Kamis (5/3) siang.

Menurutnya, masyarakat tak perlu harus sampai memburu masker dan menimbunnya di rumah.

Ia mengatakan sikap kurang tenang apalagi panik justru akan memperparah keadaan. Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Dikatakan Sekda, Gubernur menaruh atensi besar terhadap masalah virus corona.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama stakeholders lainnya telah melakukan langkah untuk mengantisipasi risiko penularan virus corona.

Salah satunya dengan menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin menjadi pusat rujukan.

Meningkatkan identifikasi ILI (Influenza Like Illness) pada pelayanan kesehatan di puskemas dan klinik, menyiapkan call center, obat, dan masker serta menyiapkan handsanitizer di ruang publik khususnya kawasan terminal dan Bus Rapid Transit.

Pemprov Kalsel juga terus memonitor Tenaga Kerja Asing dan melakukan kunjungan langsung ke perusahan perusahaan yang memiliki banyak tenaga kerja.

Beberapa langkah migitasi juga dilakukan di kawasan bandara Syamsudin Noor dan pelabuhan dengan pemasangan termal scanner di area kedatangan, adanya 21 titik handsanitizer, dan ruang isolated.

Selain upaya dari pemerintah, peran serta masyarakat juga diperlukan buat mencegah penularan virus corona.

Masyarakat juga harus melakukan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan dengan aktivitas fisik, seperti aktif berolahraga. (syh/dila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here