BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengingatkan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah guna mewujudkan Kalimantan Selatan sehat.

Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Pemprov Kalsel pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di salah satu hotel di Banjarmasin, Senin (9/3) pagi.

“Kalau pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota semuanya bersinergi, pasti akan ada sesuatu yang dashyat,” ucapnya.

Paman Birin menjelaskan, langkah untuk saling bersinergi meningkatkan derajat kesehatan rakyat sangat penting, mengingat sehat itu mahal harganya.

Disampaikan Paman Birin, pembangunan kesehatan merupakan sektor pembangunan penting untuk mendapat perhatian bersama.

Menurut Paman Birin, pengambilan kebijakan strategis bidang kesehatan harus berdasarkan fakta dan data yang terukur, tepat, dan akurat.

Tujuannya agar kebijakan tersebut memberikan manfaat besar bagi pelayanan kesehatan di masyarakat.

“Dalam pembangunan kesehatan ini, apapun program dan kegiatanya pada intinya kita ingin agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih baik,” sebutnya.

Angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan bisa lebih kita tekan. Kita juga harus mendorong agar prilaku hidup sehat lebih membudaya di masyarakat.

Menyikapi virus corona, Paman Birin meminta masyarakat untuk tetap tenang.

Ia mengatakan sikap kurang tenang apalagi panik justru akan memperparah keadaan. Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muslim mengatakan, Rakerkesda ini merupakan sinergi lintas sektor untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan dan program tahun 2020 maupun 2021.

Dikatakannya, beberapa fokus Kalimantan Selatan adalah menurunkan angka stunting, menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan, membudayakan germas, serta pengendalian penyakit menular dan tidak menular.

Dalam Rekerkesda 2020 ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung penguatan upaya promotif dan preventif bidang pembangunan kesehatan, dilakukan Gubernur H Sahbirin Noor beserta bupati dan wali kota se-Kalsel. (syh/bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here