BANJARBARU – Gubernur Kalsel diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Fathurrahman, menghadiri Wisuda Sarjana (S1) XVII Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Senin (16/3/2020) pagi di Ballroom Grand Daffam Hotel.

Sebanyak 325 orang mahasiswa yang menjalani wisuda. Terdiri dari 65 orang mahasiswa dari Fakultas Syariah dan selebihnya dari Fakultas Tarbiyah.

Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulisnya mengatakan, peningkatan kualitas di bidang pendidikan sangatlah penting demi meningkatkan kualitas SDM di daerah.

Dengan meningkatnya mutu pendidikan di daerah, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan zaman.

“Pemerintah terus memperhatikan peningkatan di bidang pendidikan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah,” sampainya.

Ia juga mengatakan, kemajuan zaman mengharuskan lulusan agar dapat ikut memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.

“Zaman sekarang, kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak. Jika tidak maka akan tertinggal,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan berpesan kepada para lulusan agar dapat terus mengembangkan diri, jangan cepat puas, terus belajar untuk mengembangkan diri.

Sementara Rektor IAI Darussalam, Prof Dr H Abdul Hafiz Anshari MA mengatakan kepada para wisudawan untuk terus belajar, bahkan kalau perlu melanjutkan ke jenjang S2 maupun S3.

Ketua Umum Yayasan Darussalam, H Muhammad Husein menasihati para wisudawan agar terus memperdalam ilmu.

“Jangan merasa puas dengan ilmu yang telah didapat. Teruslah belajar dan belajar,” ucapnya.

Wawasan mesti terus diperluas dengan banyak belajar dan membaca. Selain memperdalam ilmu pengetahuan umum, juga ilmu agama.

Dikatakannya, pada era globalisasi saat ini yang disertai pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi menuntut semua orang untuk melek teknologi.

“Mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi agar tak ketinggalan oleh arus perubahan yang sangat pesat saat ini,” tandas Muhammad.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Banjar, H Masruri menuturkan, alumni IAI Darussalam banyak terserap ke lembaga pemerintahan. Bahkan juga banyak yang duduk di kursi wakil rakyat di DPRD Banjar.

“Sejumlah anggota dewan di Banjar merupakan Alumni IAI Darussalam. Kami sering rapat kerja dengan dewan dan mereka para Alumni IAI Darussalam sangat kritis-kritis, namun tetap santun,” sebutnya.

Pejabat eselon II di Bumi Barakat ini mengatakan, mereka para alumni yang sukses umumnya adalah aktivis kampus di IAI Darussalam. (rny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here