BANJARMASIN – Kalimantan Selatan hingga saat ini masih siaga dan belum ada satupun pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Hal ini dikatakan Gubernur H Sahbirin Noor di Mahligai Banjarmasin, Rabu (18/3/2020).

“Status Kalsel adalah siaga. Semua tetap berupaya melakukan pencegahan dan langkah antisipasi,” kata Paman Birin, sapaan akrabnya.

Sebagai Gubernur Kalsel, Paman Birin mengatakan, ia sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat beberapa waktu lalu, terutama dalam rangka pencegahan.

Pertama, mengimbau agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada, dengan tetap memperhatikan kebersihan di manapun berada.

“Kita perlu waspada dan menjaga kebersihan tangan, lingkungan, dan lainnya untuk mencegah (penyebarannya),” ungkapnya.

Kedua, hindari keramaian. Kegiatan-kegiatan yang dirasa kurang perlu.

“Ketiga, salam kita, sementara jangan melakukan kontak fisik. Bisa dilakukan dengan segala macam cara, tapi tidak dengan kontak fisik,” jelasnya.

Keempat, terkait informasi tentang Corona teliti dengan cermat. Bijaksana dalam menggunakan media sosial termasuk penyebarannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, HM Muslim menegaskan, hingga hari ini belum ada satupun pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, HM Muslim, dalam konfrensi pers di Kantor Dinkes Kalsel, Jl Belitung Darat Banjarmasin, Rabu (18/3/2020).

Muslim yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Virus Corona (Covid- 19) menegaskan, bersama stakeholder dan Berbagai elemen masyarakat, pihaknya terus melakukan pencegahan Corona.

Dituturkan, melalui gugus tugas pencegahan, pengendalian, dan penanganan virus corona yang dibentuk, tim telah membuat program aksi sesuai bidang masing-masing, yakni kesehatan, pendidikan, informasi dan komunikasi, dan sosial ekonomi.

Misalkan saja bidang pendidikan, semua stakeholder yang terkait telah merumuskan kegiatan.

Demikian pula misalnya bidang sosial ekonomi, juga bekerja memastikan ketersediaan bahan makanan pokok masyarakat.

Didampingi Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Suciati, Kadis Kominfo, Gusti Rifa’i, dan Karo Adpim, Kurnadiansyah, Kadinkes berharap bantuan semua pihak untuk turut mensosialisasikan pencegahan.

“Bantuan rekan pers juga sangat berperan dalam menyampaikan pentingnya pencegahan corona melalui pola hidup sehat dan bersih, termasuk informasi yang menyejukkan,” harap Muslim. (bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here