Positif Corona di Kalsel Kini Lima Orang, Salah Satu Kondisinya Membaik

0
207

Banjarbaru – Jumlah warga yang konfirm terjangkit Virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan dilaporkan bertambah empat orang. Totalnya kini jadi lima orang.
Berdasarkan data yang dirilis oleh Tim Gugus Tugas P3 Covid Kalsel Senin (30/3/2020) petang jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid 19 bertambah drastis menjadi 1162 orang.

Artinya ODP naik cukup siginifikan dari data yang dirilis pada hari yang sama pada jam 10.00 pagi dengan jumlah ODP hanya 1140 orang.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) menurun dari 9 orang menjadi hanya 7 orang. Penurunan karena ada yang telah meninggal dan statusnya meningkat jadi positif terjangkit virus Covid 19.

Namun yang perlu diwaspadai semua pihak yang berwenang maupun seluruh masyarakat di Kalsel, jumlah konfirm positif bertambah 4 orang. Sebelumnya, hanya satu pasien positif Covid-19 dalam daftar Rumah Sakit Ulin Daerah (RSUD) Banjarmasin. Pasien dengan kode Ulin 01 tersebut asal rujukan Banjarmasin berusia 45 tahun.

Pasien yang baru dinyatakan Konfirm positif terjangkit Corona itu adalah pasien yang telah dirawat sebelumnya dengan status  pasien dalam pengawasan Covid-19.

Informasi dihimpun, pasien positif itu ada memiliki riwayat perjalanan ke Pulau Jawa. Salah satunya pasien positif berkode Ulin 13 asal rujukan Tabalong, suku Jawa usia 21 tahun menurut riwayat baru pulang dari Surabaya, Jatim.

Sementara yang baru konfirm positif lainnya adalah asal rujukan dari Banjarmasin laki-laki 56 tahun dengan kode ulin 11, kondisinya masih ada sesak nafas. Dua yang positif lainnya asal rujukan Kabupaten Banjar yakni wanita 50 tahun dengan kode ulin 9 dan laki-laki 45 tahun dengan kode ulin 10. Kondisinya masih ada batuk-batuk namun sesak nafas berkurang.
Jubir P3 Covid 19 Kalsel HM Muslim mengatakan seluruh pasien PDP dan positif dirawat di RS Ulin Banjarmasin yakni sebanyak 12 orang.

Yang menggembirakan, kondisi pasien Ulin 01 yang telah lebih dulu dinyatakan positif kondisinya mulai membaik. “Kondisi Ulin 01 semakin membaik saat,” ungkap Muslim dalam keterangan pers lewat video.
Sementara mengenai pasien PDP yang diberitakan meninggal sebelumnya, berdasarkan hasil uji di Lab Kemenkes dinyatakan negatif Covid 19. “Saya sampaikan hasil uji lab pasien PDP yang meninggal Kemaren adalah negatif Corona,” pungkas Muslim yang juga Kadinkes Kalsel. Ary

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here