Pasien PDP Asal HSS Negatif Corona

0
264

Banjarbaru- Kabar menggembirakan bagi keluarga pasien PDP dengan kode Ulin 14 wanita usia 36 tahun asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pasien yang sudah beberapa hari dirawat di RS Ulin Banjarmasin tersebut dinyatakan negatif corona.

Hasil tersebut disampaikan setelah tim medis mendapatkan hasil uji terakhir di laboratorium Litbangkes. “Pasien wanita 36 tahun asal HSS ini dinyatakan negatif corona sebelumnya berstatus PDP dirawat di RS Ulin Banjarmasin,” ungkap HM Muslim Jubir Penanganan Covid 19 Kalsel, Rabu (1/4).

Berdasarkan rilis update Gugus Tugas Kalsel per 1 April 2020 petang, jumlah orang positif corona di Kalsel masih tetap 8 orang. Sementara jumlah ODP 1305 meningkat dibanding sebelumnya yang hanya 1276 orang.

Sedangkan jumlah PDP berjumlah 7 orang  setelah pasien Ulin 14 dinyatakan negatif. Keseluruhan RS Ulin Banjarmasin saat ini merawat 15 orang pasien baik PDP maupun positif.

Muslim dalam keterangan pers disampaikan sekitar pukul 17.00,  membeberkan kondisi pasien yang dinyatakan positif terjangkit corona dan PDP.

Pasien kode Ulin 1 asal rujukan Banjarmasin kondisinya  kini membaik setelah dirawat selama 17 hari. “Namun belum bisa dipulangkan karena masih menunggu hasil lab terakhir.,” papar Muslim.

Sementara pasien Ulin 9 seorang wanita 50 tahun asal rujukan Banjar masih dalam perawatan intensif, sedangkan pasien  Ulin 10 seorang laki-laki usia 45 tahun kondisi masih lemah dan harus tetap menggunakan oksigen membantu pernafasan.

Kondisi pasien Ulin 11 seorang laki-laki usia  56 tahun dari banjarmasin, kondisi masih perlu perawatan akibat kondisinya masih dinyatakan lemah. Sementara pasien Ulin 13 seorang  laki-laki usia 21 tahun asal rujukan Tabalong kondisi terus membaik dan nampak stabil.

Pasien Ulin 15 seorang laki-laki 41 tahun dari rujukan kabupaten Banjar kondisi masih belum stabil namun bantuan oksigen sudah dilepas

Sementara kondisi 2 pasien positif (kode K1 dan K2)  akibat kontak dengan pasien positif Ulin 1 kondisinya kini baik dan tidak memerlukan perawatan namun masih tetap dilakukan isolasi mandiri.

Sedangkan kondisi pasien PDP yakni pasien  Ulin 19 dan Ulin 20 keduanya asal rujukan Banjarbaru kondisi membaik. Begitu juga Ulin 21 kondisinya juga membaik.

Sedangkan pasien Ulin 22 seorang bayi laki-laki 3 tahun dari Banjarmasin  saat ini kondisinya juga semakin baik. Sementara pasien Ulin 23 dari rujukan Banjarmasin, pasien Ulin 24 asal Pontianak dan pasien Ulin 25 dari Tabalong  saat ini memerlukan perawatan intensif, akibat kondisi masih lemah.

Muslim kembali mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif memutus mata rantai penyebaran virus corona ini dengan mengikuti anjuran pemerintah. Melakukan jaga jarak atau sosial distancing, tetap di rumah, mengendalikan penyakit penyerta seperti diabetes, kanker dan lainnya. Kemudian sesering mungkin cuci tangan, mandi, dan lakukan perilaku hidup bersih dan sehat serta olahraga.

“Saya anjurkan juga agar jangan merokok,” pesan Muslim. ary

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here