Positif Corona di Kalsel Didominasi Dari Klaster Impor

0
480

Banjarbaru- Sebagian besar pasien positif Corona yang kini dirawat di RS Ulin Banjarmasin terdeteksi berdasarkan penyelidikan epidemologi berasal dari klaster impor. “ Berdasar penyelidikan epidemologi, mayoritas pasien positif terinfeksi dari klaster impor atau dari luar Kalsel,” papar Jubir Penanganan Covid 19 Kalsel.

Dicontohkan pasien yang terinfeksi dari kluster impor adalah pasien Ulin 1, Ulin 10 dan Ulin 11 dan Ulin 15. “Pasien tersebut tertular Covid 19 dari kluster luar Kalsel,” katanya.

Sementara untuk pasien positif K1 dan K2 terdeteksi kontak dengan pasien positif di Kalsel. “Untuk K1 positif setelah kontak dengan Ulin 1 sementara K2 kita masih melakukan penyelidikan epidemologi,” kata Muslim.

Begitu pula dengan PDP Covid 19 di Kalsel juga terdeteksi pernah melakukan kontak atau perjalanan di luar Kalsel seperti Pulau Jawa. “Seperti PDP ulin 23 setelah dari Malang, Ulin 24 dari Jakarta begitu juga ulin 28 dan 29 juga setelah perjalanan keluar Kalsel,” ujar Muslim.

Sementara terkait, Pelaksanaan  rapid test Covid 19 di Kalsel diterangkan Muslim, tahap pertama Rapid Tes yang sudah dibagi ke Dinkes kabupaten/kota dan RS rujukan sebanyak 1100 test. Rapid test dilakukan pada ODP dengan gejala, PDP, Petugas Kesehatan yg merawat pasien PDP dan terkonfirmasi serta pada kontak erat pasien positif.

Laporan sementara sebanyak 134 tes telah dilakukan, hasilnya 1 positif dan 133 negatif. “sehingga dari hasil rapid test sementara yang reaktif/positif sebanyak 0.75%,” ujar Muslim.

Muslim mengatakan ada beberapa daerah yang belum selesai melaksanakan rapid test. “kami akan segera mengumumkan hasilnya apabila seluruh laporan telah masuk,” bebernya.

Hasil rapid test ini dalam konteks pemetaan untuk menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.

Terakhir Muslim kembali menekankan agar masyarakat senantiasa mentaati anjuran pemerintah untuk tetap di rumah, jaga jarak atau sosial distancing, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, tidak berjabat tangan dan pakai masker saat di tempat umum. ary

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here