Dua Pasien Positif Corona di RS Ulin Dinyatakan Sembuh

0
467

Banjarbaru- Kabar baik disampaikan Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan pers Rabu (8/4) sore di command center Pemprov Kalsel Banjarbaru. Dua pasien positif dinyatakan sembuh dari virus Corona setelah mendapatkan perawatan intensif oleh tim dokter di RS Ulin Banjarmasin.

“Dua pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah dilakukan test PCR yang menunjukkan hasil negatif corona,” ungkap Muslim. Gugus Tugas mengungkap rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang tak kenal lelah dalam menangani pasien hingga sembuh 2 orang.

Kedua pasien tersebut adalah pasien berkode KScovid#04 atau Ulin 9 seorang wanita usia 50 tahun dari rujukan Kabupaten Banjar dan KSCovid#05 atau Ulin 13  laki-laki usia 21 tahun asal rujukan Tabalong.

Dengan sembuhnya 2 pasien tersebut, saat ini pasien positif yang masih dalam perawatan intensif di RS rujukan berjumlah 17 orang. Pasien positif saat ini menjalani perawatan di RS Ulin sebanyak 13 pasien, RS Ansyari Saleh Banjarmasin sebanyak 1 pasien  serta 3 pasien positif dilakukan isolasi mandiri.

Kondisi pasien positif saat ini mayoritas dalam keadaan stabil dan baik. Sebagian kecil dilaporkan masih ada mengalami sesak nafas.

Sementara jumlah kasus PDP dilaporkan 14 orang, meningkat dibanding sehari sebelumnya sebanyak 12 PDP. Sedangkan kasus orang meninggal akibat positif Corona masih tetap 3 orang.

Pasien dalam pengawasan saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RS Ulin sebanyak 5 pasien, RS Boejassin Tala sebanyak  2 pasien, RS Ansyari Saleh Banjarmasin sebanyak 6 pasien dan di RS Abdul Aziz Batola sebanyak 1 pasien.

Sebagaimana pasien positif, pasien PDP juga dilaporkan mayoritas dalam keadaan stabil. Hanya sebagian kecil yang masih mengalami sesak nafas. “kasus PDP saat ini dirawat di ruang isolasi RS rujukan dan dilakukan pengawasan ketat oleh petugas medis yang menanganinya,” papar Muslim.

Gugus Tugas Covid 19 Kalsel juga melaporkan jumlah ODP sebanyak 1133 orang. Artinya menurun 34 ODP dibandingkan sehari sebelumnya sebanyak 1167 ODP.

Diungkapkan Muslim, Tim Gugus Tugas saat ini bekerja keras dalam penanganan covid 19 di Kalsel. Ia berharap bantuan masyarakat agar mentaati anjuran yang disampaikan pemerintah agar tetap berada di rumah dan menghindari kerumunan orang banyak.

Terkait gedung karantina khusus saat ini sudah difungsikan. “Ada 2 ODP yang sudah menjalani karantina dan menjalani isolasi selama 14 hari,” ungkapnya.

Dilaporkan juga oleh Muslim, sampai saat ini sudah dilakukan rapid test covid 19 terhadap 646 orang. Hasilnya yang reaktif atau positif 34 orang dan non reaktif atau negatif sebanyak 612 orang.

“Langkah selanjutnya, orang yang hasilnya reaktif akan dilakukan test PCR untuk mendapatkan konfirmasi hasil yang akurat atau isolasi mandiri dan bisa juga diisolasi di rumah sakit rujukan,” ujar Muslim.

Sedangkan mengenai pelaksanaan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) harus melalui analisa situasi oleh kepala daerah. Menurut Muslim Hingga saat ini belum ada rencana pemerintah provinsi Kalsel untuk mengajukan pemberlakuan PSBB ke pemerintah pusat. ary

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here