Paman Birin Ajak Bersatu Lawan Penyebaran Corona

0
296

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus bekerja memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Salah satu langkahnya adalah dengan memproduksi disinfektan alami (asap cair) yang berbahan dari cangkang sawit.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, segala sumber daya dikerahkan untuk membasmi covid 19. Termasuk pemanfaatan cangkang sawit yang dijadikan cairan disinfektan.

“Cairan disinfektan yang langka di pasaran pasca-merebaknya virus corona (Covid-19) tidak boleh dijadikan hambatan untuk terus menggalakkan upaya disinfeksi di tengah masyarakat. Virus corona harus dibunuh secara masif, supaya penyebarannya bisa ditekan, haram manyarah untuk melawan covid,” ucap Paman Birin disela penyerahan asap cair ke Pemerintah Kabupaten Kota, Banjarbaru, Rabu (8/4).

Disampaikan Paman Birin, asap cair ini merupakan hasil dari sinergi dari Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan. “Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selama kita mau bersinergi, berkolaborasi, gotong royong,” ucapnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurrafiq, saat ini pihaknya mampu memproduksi 1000 liter asap cair perhari dengan bantuan 40 tungku yang bekerja 24 jam.

Menurut Hanif, produksi asap cair ini merupakan solusi dari kelangkaan cairan disinfektan yang ada di pasaran. Cairan ini juga lebih aman digunakan ketimbang cairan kimia yang ada dipasaran.

Dikatakan Hanif, selain dibagikan ke Pemerintah Kabupaten Kota se Kalsel, asap cair juga akan dibagikan ke seluruh RT di Kalsel. “Hari ini kita bagikan secara simbolis sebanyak 60 liter kepada Kabupaten Kota, selanjutnya seluruh RT juga akan kita bagikan,” ucapnya.

Rencananya, Pemerintah Provinsi juga akan mensterilkan secara besar besaran zona merah yakni Kota Banjarmasin pada Kamis (9/4).syh/ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here