4 PDP Jalani Masa Penyembuhan, Tim Dokter Gunakan Tamiflu dan Chloroquin Sembuhkan Pasien

0
171

Banjarbaru – Perkembangan terbaru wabah covid 19 di Kalsel, dilaporkan terdapat PDP atau pasien dalam pengawasan yang diperkirakan akan dipulangkan. Pasalnya pada hari ini Jumat (10/4) hasil tes PCR ke 4 PDP tersebut sudah sampai ke tim medis yang menunjukan hasil negatif corona.

“PDP  Ulin 40 asal Banjarmasin, MAS 3 asal Banjarmasin, MAS 5 asal Kabupaten Banjar dan MAS 6 dari Banjarbaru hasil tes PCR dinyatakan negatif,  sehingga pasien tersebut saat ini tinggal langkah penyembuhan dan diperkirakan dapat dipulangkan tergantung kondisi yang bersangkutan,” ungkap HM Muslim Jubir Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel di Banjarbaru.

Sementara kasus PDP saat ini tercatat 10 pasien,  menurun 2 orang dibanding kemaren yang tercatat 12 pasien. PDP yang dirawat di RS Ulin Banjarmasin saat ini tercatat sebanyak  5 pasien, RS Ansyari Saleh Banjarmasin sebanyak 2 pasien, RS Boejassin Tala sebanyak  1 pasien dan di RS Batola 2 sebanyak pasien.

Kondisi PDP yang menjalani perawatan di RS Ulin untuk pasien Ulin 42, Ulin 43, dan Ulin 44 kondisinya masih ada sesak nafas. Sedangkan PDP Ulin 45 kondisinya masih lemah, sementara kondisi 1 PDP kondisinya saat ini stabil.

Untuk PDP yang dirawat di RS Ansyari Saleh kondisinya 1 pasien stabil dan 1 pasien dalam keadaan masih lemah. Kondisi PDP di RS Boejassin saat ini masih mengalami sesak nafas, sedangkan yang dirawat di RS Abdul Aziz Batola kondisi stabil.

Sementara untuk kasus positif covid 19 mengalami peningkatan cukup signifikan pada hari ini. Tercatat saat ini pasien positif covid 19 yang menjalani perawatan di beberapa rumah sakit rujukan sebanyak 23 pasien.

Kasus positif meningkat 4 pasien dibanding sehari sebelumnya yang sebanyak 19 pasien. Ada 14 pasien positif dirawat di RS Ulin, RS Ansyari Saleh 3, dan RS Boejassin Tala 2 pasien dan menjalani isolasi mandiri 4 orang.

Kondisi pasien  di ulin khususnya KS Covid#06 dan KS Covid#20 KS Covid#25 dilaporkan masih sesak nafas dan lemah sedangkan pasien yang lain stabil dan kondisi membaik

“Untuk pasien positif yang dirawat di RS Ansyari Saleh dan RS Boejassin Tanah Laut, kondisinya semua stabil,” papar Muslim.

Sedangkan pasien yang menjalani isolasi mandiri dan dalam pantauan ketat tim dokter juga dalam keadaan stabil. Termasuk KS Covid#09 yang baru menjalani isolasi mandiri setelah melakukan kontak dengan pasien positif lain.

Jumlah ODP atau orang dalam pemantauan hari ini tercatat sebanyak 1179 orang, Ada penambahan 3 orang dibanding sebelumnya sebanyak 1176 orang.

“Mengenai ODP yang saat ini menjalani masa karantina di Banjarbaru semua biaya ditanggung oleh pemerintah,” ujar Muslim. Ia berharap ODP mentaati aturan karantina untuk kemudahan tim medis dalam penanganan covid 19.

Terkait penanganan 2 pasien yang baru saja berhasil disembuhkan,  Muslim menyampaikan tim dokter sudah melakukan upaya-upaya maksimal termasuk memberikan obat yang sesuai kebutuhan pasien seperti Tamiflu, chloroquin, vitamin dan suplemen nutrisi lainnya. “Mereka tahu persis apa yang dilakukan, kita percayakan semua kepada tim dokter,” kata Muslim. ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here