BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor bergerak cepat dalam upaya mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Setelah melakukan percepatan peninjauan anggaran kegiatan pembangunan daerah untuk dialihkan pada upaya penanganan Covid-19, ia juga mengambil kebijakan strategis lainnya.

Salah satunya adalah mengucurkan bantuan kepada seluruh kabupaten/kota di Kalsel, masing-masing sebesar Rp 250 juta, diperuntukan khusus untuk pembelian masker kain.

“Alasan kenapa kita menginstruksikan bantuan tersebut untuk membeli masker kain, selain anjuran pemerintah juga untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan di daerah yang terdampak Covid-19,” terangnya saat ditemui, Minggu (19/4) malam.

Ditegaskan Paman Birin, pemerintah daerah mengerahkan segala daya dan upaya yang dimiliki, baik itu secara personel, peralatan, dan dukungan anggaran untuk penanganan Virus Corona.

“Semua harus bergerak melawan penyebaran Covid-19 untuk sama-sama melawan Covid-19,” ucapnya.

Gubernur Kalsel juga mengharapkan semua pihak agar makin memantapkan kolaborasi menangani Covid-19.

Terutama dalam hal pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test yang menjadi persoalan bersama.

“Tidak ada rotan akar pun jadi, kalau APD nya tidak tersedia kita bisa bekreasi, berninovasi, kita semua harus bahu membahu,” katanya.

Tak lupa, Paman Birin meminta kepada kepala daerah untuk memohon doa kepada tokoh agama, alim ulama, agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

“Saya atas nama rakyat dan pemerintah daerah juga mengucapkan apresiasi tinggi kepada segenap masyarakat atas kerja bersama dalam percepatan penanganan Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu di tempat terpisah,
Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Wahyuddin mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor kepada masyarakatnya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di banua.

“Kita sudah transfer uang tiap kabupaten/kota sebesar 250 juta rupiah, namun masih masih ada beberapa yang belum karena belum mengirimkan nomor rekeningnya. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Paman Birin terhadap masyarakat,” ucapnya.

Disampaikan Wahyuddin, uang tersebut akan dibelikan masker kain, selain untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya para pengrajin masker kain. (bdm/syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here