IPM Kalsel Meningkat, Kemiskinan dan Pengangguran Berkurang

0
87

Banjarbaru – Dalam 4 tahun terakhir Pemprov Kalsel telah berhasil mencapai sasaran dan target pembangunan yang telah dicanangkan

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Command Center, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (28/4) pagi.

Disampaikan Paman Birin, di tengah ekonomi yang melambat, serta pengaruh perang dagang global,  Kalimantan Selatan masih mampu bertahan dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,08 persen pada tahun 2019.

Pada tahun 2019 tingkat pengangguran dan kemiskinan terus berkurang. Tingkat kemiskinan berada di bawah rata rata nasional.

Berdasarkan data statistik tingkat pengangguran terbuka Kalsel pada tahun 2018 tercatat 4,50 persen, Sehingga bila dibandingkan tingkat pengangguran tahun. 2019, berkurang sebanyak 19 persen.

Pencapaian signifikan juga tampak pada angka kemiskinan di banua yang terus menurun.

Pada tahun 2018 tingkat kemiskinan sebanyak 4,54 persen. Pada tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 4,47 persen.

“Angka kemiskinan di daerah kita, jauh berada di bawah rata-rata nasional,” kata Paman Birin.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari tahun ke tahun terus meningkat dan telah mencapai angka 70,72. Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) juga terus membaik dengan nilai 62,06.

“Harapan kita nanti pada tahun 2021 nanti pembangunan di banua kita lebih berkembang dan lebih maju lagi,” ucapnya. (Syh/ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here