Disiplin dan Kesadaran Masyarakat Kunci Keberhasilan PSBB

0
93

Banjarbaru – Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB tidak akan bisa berhasil memutus mata rantai penularan Covid apabila tidak dibarengi peran serta aktif masyarakat dalam menjalankan aturan- aturan yang ada. “Kunci Kebehasilan PSBB bergantung sekali pada kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam mentaati imbauan dan aturan yang berlaku untuk pencegahan Covid 19,” kata HM Muslim, Jubir Gugus Tugas Covid 19 Kalsel, Selasa (28/4) sore di Command center Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Gugus Tugas melakukan Monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan PSBB di Banjarmasin yang kini sudah memasuki hari kelima. “Masih ada kekurangan yang akan dievakuasi untuk perbaikan,” ujar Muslim.

Muslim juga menyampaikan hingga saat ini sistem pelayanan kesehatan Kalsel masih sanggup menghadapi lonjakan pasien. “Dengan ada gedung karantina khusus juga membantu terjaganya sistem pelayanan kesehatan terus berjalan baik untuk penanganan pasien Covid,” ujarnya.

Muslim berharap pelaksanaan PSBB dapat berjalan efektif sehingga mampu mencegah penularan virus Covid lebih luas lagi. “Sekali lagi kuncinya adalah kesadaran dan kemauan kita semua mentaati aturan saat PSBB, tanpa itu semua PSBB tidak akan berhasil,” nilai Muslim.

Sementara terkait perkembangan terbaru wabah Covid 19 dilaporkan jumlah kasus positif masih tetap 150 kasus. “Sebanyak 126 diantaranya dirawat baik di RS, isolasi mandiri atau karantina khusus, sedangkan kasus meninggal positif Covid ada 8 kasus dan16 kasus dinyatakan sembuh,”terang Muslim.

Sedangkan jumlah PDP di Kalsel pada hari ini tercatat 20 pasien. Ada PDP baru masuk di beberapa RS rujukan 5 orang dan ada juga PDP yang meninggal yakni seorang laki2 asal Kalteng usia 41 tahun,” kata Muslim.

Sedangkan jumlah ODP pada hari ini tercatat 1338 orang atau bertambah 34 orang dibanding sehari yang lalu. (Ary/rny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here