Musrenbang 2021: Paman Birin Instruksikan Fokus Kegiatan Pemulihan Pasca Pandemi Covid

0
141

Banjarbaru- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Command Center, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (28/4) dibuka oleh Gubernur Kalsel Paman Birin.

Dalam arahan kepada segenap satuan kerja perangkat daerah dan seluruh stake holder yang berhadir, Paman Birin menekankan, untuk menyusun rencana dan program yang memfokuskan pada kegiatan pemulihan pasca pandemi Covid 19. Hal itu agar dicermati dengan baik oleh segenap satuan kerja perangkat daerah baik di pemerintah provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Rencanakan program dan kegiatan yang mampu mempercepat pemulihan pasca pandemi covid 19. Baik pemulihan secara ekonomi, sosial maupun kesehatan,,” ucapnya.

Menurut Paman Birin, dampak pandemi sangat luas, sebagian perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan merumahkan karyawan,. “sektor UMKM ikut terpuruk, munculnya permasalahan sosial, seperti kemiskinan dan pengangguran.,” ujarnya.

Untuk itu semua harus berupaya maksimal untuk memulihkan bagi yang terdampak pandemi Covid 19. “Kita harus bangkit, kita bantu perusahaan, Usaha Kecil dan Menengah agar dapat bangkit kembali dari keterpurukan, kita dorong para pemilik modal untuk berinvetasi di Kalsel, sehingga perekonomian di daerah kita bisa tumbuh dan kembali stabil,” pinta Paman Birin.

Paman Birin mengingatkan kepada Bupati dan Wali Kota serta seluruh Kepala SKPD agar perencanaan pembangunan disusun secara terpadu, terintegrasi dan selaras antara pembangunan nasional dan daerah.

“Tetapkanlah sekala prioritas, kita harus mengoptimalkan kebijakan money follow program, isu lainya adalah yang kami serap langsung dari rakyat saat turun ke desa-desa maupun hasil reses anggota DPRD mesti kita kolaborasikan dalam program dan kegiatan di masing-masing sektor pembangunan,” tutupnya.

Musrenbang 2021 kali ini mengangkat tema mendorong investasi untuk transformasi ekonomi Kalsel sebagai gerbang ibu kota negara. (Syh/Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here