Atasi Covid, Ketahanan Sistem Yankes Dimantapkan

0
139

Banjarbaru – Sistem pelayanan kesehatan (Yankes) di Kalsel hingga saat ini dinilai masih sanggup dalam mengantisipasi pasien Covid 19 yang belakangan meningkat berkat upaya pelacakan dan telusur petugas surveilance epidemiologi di lapangan. “Hingga saat ini ketahanan sistem layanan kesehatan di Kalsel masih sanggup menangani pasien Covid 19,” ungkap HM Muslim, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, Rabu (29/4) sore.

Penanganan Covid 19 di fasilitas layanan kesehatan primer terus dilakukan peningkatan baik kesiapan peralatan maupun personel yang ada. “Layanan kesehatan primer mulai dari puskesmas, klinik, rumah sakit negeri rujukan maupun non rujukan serta rumah sakit swasta terus diupayakan untuk menyiapkan ruang isolasi bagi pasien Covid 19,” ujar Muslim.

Peningkatan jumlah ruang isolasi berguna dalam rangka mengantisipasi lonjakan pasien Covid di berbagai daerah. “ Adanya ruang isolasi ini adalah strategi untuk pemisahan pasien beresiko dengan yang lain,” kata Muslim.

Kemenkes RI telah menetapkan 5 rumah sakit rujukan di Kalsel yaitu RS Ulin dan RS Ansari Saleh di Banjarmasin, RS Hassan Basery Kandangan, RS Boejassin Tala, dan RS Idaman Banjarbaru. Ary/rny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here