Giat Testing Makin Masif, Hasilnya 15,80 Persen Reaktif

0
196

Banjarbaru – Kegiatan testing terus gencar dilaksanakan oleh petugas surveilance epidemiologi untuk mendapatkan temuan kasus sehingga dapat dilakukan penanganannya dengan cepat. HM Muslim Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, melaporkan sampai saat ini telah didistribusikan 6260 alat rapid test ke 13 kabupaten/kota se Kalsel. “Namun yang sudah terlaporkan kepada kami adalah 3917 rapid test,” beber Muslim, Sabtu (2/5) sore di Banjarbaru.

Dari 3217 dilakukan rapid test tersebut 619 diantaranya reaktif atau sebesar 15,80 persen.

Kegiatan testing ini merupakan tindak lanjut dari tracing dan Tracking petugas di lapangan. Hasil testing yang mengalami hasil reaktif akan ditentukan penanganannya bergantung apakah yang bersangkutan memiliki gejala klinis yang berat atau ringan.

“Dengan melakukan testing sebanyaknya juga semakin memudahkan petugas untuk menentukan tata laksana penanganan selanjutnya terhadap orang terduga,” kata Muslim.

Muslim menekankan hasil Rapid test bukan bertujuan diagnostik tapi untuk deteksi awal agar dapat menentukan tata kelola penanganan terduga Covid 19 selanjutnya.

Terdeteksinya kasus positif secara cepat adalah sebuah upaya yang baik untuk mendapatkan tata kelola pencegahan penularan Covid baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. “ Temuan kasus positif semakin cepat terdeteksi maka semakin cepat ditangani baik itu dengan isolasi mandiri, isolasi di gedung karantina khusus atau di rujuk ke rumah sakit,” kata Muslim. (Ary/syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here