Banjarbaru – Kasus positif Covid pada hari ini Sabtu (9/5) meningkat secara signifikan berkat hasil tracing oleh tim survei epidemiologi Maupun hasil testing pasien dalam pengawasan. Penambahan kasus positif kali ini  tercatat sebanyak 9 kasus.

HM Muslim Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, melaporkan jumlah total kasus positif hingga saat ini tercatat 255 kasus. “Dari 255 kasus positif, 196 kasus sedang dalam perawatan baik di rumah sakit, karantina khusus atau isolasi mandiri,” kata Muslim di Command Center Setdaprov Kalsel.

Sedangkan kasus positif yang sembuh sebanyak 39 kasus dan yang meninggal 20 kasus.

Penambahan 9 kasus positif berasal dari kasus PDP yang terkonfirmasi positif sebanyak 4 kasus. “Sementara 5 kasus positif lainnya adalah hasil temuan Tracking petugas surveilance epidemiologi,” ujar Muslim.

Kasus positif hasil Tracking hari ini berasal Tanbu 3 kasus, Banjarmasin dan Batola masing- masing 1 kasus.

Hari ini juga  tercatat kasus positif yang meninggal bertambah 2 kasus. “Penambahan kasus meninggal berasal dari 2 kasus PDP yang telah meninggal namun swab tesnya keluar hari ini yang menyatakan positif Covid,” papar Muslim.

Dua kasus positif terbaru yang meninggal tersebut adalah pasien KS Covid 247  laki- laki usia 55 tahun asal Banjarmasin yang telah meninggal 4 Mei 2020. Kedua, KS Covid 233 seorang wanita usia 51 tahun juga asal Banjarmasin yang meninggal 8 Mei kemaren.

Sementara kasus PDP pada hari ini tercatat 51 kasus. Dalam kasus PDP dilaporkan ada PDP yang terkonfirmasi negatif 2 pasien.

“Hari juga ada 1 PDP yang meninggal yakni Ulin 112 asal Banjarmasin, namun hasil swab belum keluar,” kata Muslim.

Terakhir dilaporkan jumlah ODP mengalami peningkatan dari 33 ODP sehingga hari ini tercatat 1014 ODP.

Kasus ODP bersifat fluktuatif selama pandemi Covid terjadi. Bergantung temuan petugas medis di pintu masuk kedatangan ke wilayah Kalsel atau berakhirnya masa inkubasi ODP.
Muslim berharap apa yg dilakukan oleh petugas medis di rumah sakit dapat berjalan optimal sehingga mempercepat kesembuhan pasien Covid. Terakhir Muslim 
berpesan agar kita semua senantiasa berdoa agar wabah Covid berlalu dengan cepat (Ary/rny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here