Komunitas Inspiralova

Halo sahabat literasi Kalimantan Selatan….

Suka baca buku? Doyan nulis? Berjiwa sosial? Pengen ngadain acara positif? Dan pengen punya pengalaman baru? Pasti dong ya.

Nah, kalau gitu. Sudah tahu belum sama komunitas yang bergerak di bidang literasi baca-tulis satu ini?

Yups, Komunitas Inspiralova
Untuk yang belum kenal, mari kenalan dulu.
Untuk yang sudah kenal, mari kenalan lagi.

Inspiralova adalah komunitas yang berasal dari kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, yang didirikan oleh Muhammad Ery Zulfian. Komunitas ini berdiri pada tanggal 19 Februari 2017, yang mana pada awalnya hanya beranggotakan 9 orang, dan sekarang sudah 40 orang lebih. Saat ini Inspiralova beralamatkan di Kota Banjarbaru, dan memiliki cabang diantaranya: Banjarmasin, Pelaihari, Amuntai, dan Kotabaru. Bahkan sudah mulai membentuk di Yogyakarta dan Surabaya.

Komunitas yang bergerak di bidang literasi baca tulis ini, berusaha untuk membantu menumbuhkan semangat masyarakat di Kota Banjarbaru dan Martapura dalam hal “Suka Membaca” dan minimal “Bisa Menulis”.

VISI
Menumbuhkan minat baca-tulis masyarakat Indonesia dengan praktik baik berliterasi.

MISI

  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang mampu menumbuhkan minat baca-tulis masyarakat.
  2. Menjadi pelopor pengadaan buku di daerah Kalimantan Selatan untuk taman baca maupun perpustakaan.
  3. Melakukan sinergi gerakan literasi bersama elemen masyarakat atau komunitas lainnya.

Nah, apa saja sih kegiatan Inspiralova?
Awalnya hanya ada 4 program yang diprioritaskan, yaitu kurban buku, writerlogi, KKDN (Kecil-Kecil Doyan Nulis, dan bedah buku. Sampai pada akhirnya berkembang menjadi banyak program.

  1. Kurban Buku
    Kurban buku ini dilakukan dengan menyumbangkan buku kepada taman/rumah baca di daerah Kalimantan Selatan, perpustakaan di sekolah-sekolah desa/pedalaman, yayasan pendidikan Alquran, panti asuhan, serta komunitas atau organisasi lain yang memang memerlukan buku. Buku yang diberikan dapat dari mana sih? Nah, bukunya didapat dari hasil kurban teman-teman anggota Inspiralova dan juga para donatur yang mau merelakan buku-bukunya demi dibaca oleh orang lain supaya lebih bermanfaat lagi. Sampai sekarang sudah ribuan buku lo yang dibagikan.
  1. Writerlogi (Menulis bersama dan diterbitkan dalam satu buku antologi)
    Mungkin, kalau kita mau nulis buku sendiri, masih sulit karena terkendala waktu yang sedikit, Nah, kami memberikan solusi, yaitu dengan menulis keroyokan. Inspiralova sudah mengadakan nulis bareng dan hasil tulisan dari beberapa orang tersebut diterbitkan.Alhamdulillah ada 30 buku yang sudah diterbitkan. Dan evennya ini dilaksanakan se-nasional lho? Keren kan, kapan lagi kita bisa mencium buku hasil karangan kita sendiri. Inspiralova adalah salah satu solusinya.
Acara Gramedia Community Night Show di Q-Mall
  1. Kecil-Kecil Doyan Nulis (KKDN)
    Ada yang suka main sama anak kecil? Inspiralova punya program bagus satu ini. Berkunjung ke sekolah-sekolah ataupun daerah yang baru. Kegiatannya komplit deh, mulai dari menggambar terus nanti anak-anak akan maju ke depan dan menceritakan hasil gambarnya, belajar, bernyanyi, mendengarkan dongeng, dan beberapa games yang dipandu oleh kakak-kakak dari Inspiralova. Lalu memberikan motivasi menulis ke anak-anak agar mereka doyan menulis.
  2. Bedah Buku.
    Kalau ini sih cocok banget untuk kalian yang suka sekali mengkritisi buku, berkomentarn dan ingin lebih memperlajari isi buku yang dibaca. Bedah buku dilaksanakan dengan mengundang beberapa ahli literasi ataupun juga penulis buku tersebut.
  3. Pelatihan menulis untuk pemula.
    Kamu pengen nulis, tapi belum bisa? Atau mau belajar menulis, tapi belum tahu dimana? Inspiralova jawabannya. Untuk yang betul-betul pemula dalam hal menulis, akan diajarkan dengan cara yang fun. Jangan khawatir, biasanya Inspiralova mengundang penulis untuk mengasih ramuannya.
  1. Gelar lapak baca tikar purun.
    Lapak baca ini seru banget loh. Menggunakan tikar purun. Kita akan gelar banyak sekali  buku dengan genre yang beragam. Dimana kak? Biasanya kita gelar Lapak Baca Tikar Purun di car free day yang mana di sana dikunjungi banyak orang. Selain menyediakan buku bacaan serta tikar untuk mereka bersantai, kita juga akan mengisi games untuk anak-anak di sana, berdongeng, serta mendampingi anak-anak untuk membaca.
  1. Silaturahmi dan sharing bersama penulis asli banua.
    Ini penting loh temen-temen, silaturahmi memanjangkan umur dan memurahkan rezeki, sharing dapat menambah ilmu. Jadi, mantap dong kalau bareng Inspiralova kita bisa mengunjungi penulis hebat yang ada di Kalimantan Selatan.
  1. Lomba mewarnai dan menggambar untuk anak-anak TK/SD.
    Selain KKDN, masih ada cara lain untuk pendekatan dengan anak-anak, yaitu mengadakan lomba mewarnai dan menggambar. Anak-anak yang cenderung suka sekali menggambar serta mewarna, harus kita fasilitasi dan kita arahkan kepada hal yang positif khususnya dalam dunia literasi.
  1. Buka puasa bersama dengan menggandeng komunitas lain.
    Ramadhan identik dengan banyak sekali momen silaturahmi, khususnya untuk momen berbuka puasa. Inspiralova sering menggandeng beberapa komunitas lain untuk melaksanakan buka puasa bersama, tentunya masih bernuansa literasi, bisa dengan agenda diskusi antar komunitas, silaturahmi dengan masyarakat, juga berinteraksi dengan anak-anak melalui lomba-lomba yang menarik.
  1. Menginisiasi taman baca untuk anak-anak.
    Alhamdulillah program ini sudah berjalan beberapa bulan. Dengan pengadaan rak buku serta buku-bukunya, dan kakak-kakak pendamping yang meramaikan suasana taman baca. Semoga ini bisa menginspirasi masyarakat lainnya.

Itulah beberapa program yang berhasil kami rekam. Adapun hal lainnya seperti berbagi ceria bersama anak yatim piatu dan anak-anak di area eks lokalisasi, berbagi donasi untuk korban bencana alam, diundang acara talkshow/seminar oleh beberapa pihak, nonton bareng di hari sumpah pemuda, inisiator nonton film islami di bioskop XXI bersama komunitas lainnya, main ke desa bareng, mengikuti beberapa acara bimbingan teknis maupun pelatihan literasi baca-tulis yang diadakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan,

Berbagi ceria bersama anak-anak di area eks lokalisasi

mengikuti bimbingan teknis tenaga literasi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, diskusi online bersama pakar literasi, diundang dalam diskusi bersama ruangguru.com, menerima penghargaan dari Sedekah Buku di Jakarta sebagai mitra kerjasama, mengisi stand perpustakaan baca di acara anak binaan kabinaktar Polres Banjar, undangan dari Gerakan Cinta Islam dalam acara sinergi komunitas dan bincang buku, keikutsertaan dalam opening Gramedia Banjarbaru (penyerahan buku dan event Gramedia Community Night Show di Q-Mall), berbagi sembako dan masker dengan komunitas peduli di Kalsel, gathering sesama anggota, serta mengadakan Inspiralova Vacation (liburan bersama ke luar daerah). Alhamdulillah Inspiralova juga pernah diundang oleh Kompas TV Kalimantan Selatan (siaran tapping) dan Duta TV (siaran live) untuk berbagi cerita literasi.

Bedah buku dan pelatihan menulis

KATA MEREKA TENTANG INSPIRALOVA

“Inspiralova bak ‘Pohon Besar’ yang menaungi dan memberikan wadah bagi orang-orang dari berbagai kalangan yang ingin menyalurkan ilmu, karya, maupun pengabdiannya terhadap masyarakat sesuai profesionalitasnya masing-masing. Di sini kita bukan sekadar belajar pentingnya literasi, tetapi bagaimana berkontribusi terhadap negeri agar literasi menjadi bergengsi. Selain itu, kita juga blajar bagaimana bersosialisasi dengan perbedaan yang ada. Yang muda, membantu yang tua dengan masa depan yang ditawarkannya, sementara yang tua, membimbing yang muda dengan pengalamannya. Karena yang penting bukan seberapa hebat kamu, tapi seberapa besar kontribusimu.” FHIA

“Inspiralova, menginspirasi dengan cinta. Mengenal komunitas ini berarti mengenal proses mencintai, membangun relasi, menumbuhkan kebermanfaatan diri. Bukan cinta yang jadi omong kosong banyak anak muda di luar sana. Tetapi, tentang cinta yang menginspirasi banyak orang dengan gaya khas anak muda, khususnya melalui kegiatan literasi dan sharing sessions.” RONIYANSYAH

“Kenal Inspiralova seperti kenal rumah yang isinya banyak sekali buku dalam berbagai genre, kita temukan banyak hal di dalamnya. Menyediakan guru, sahabat, dan keluarga. Memperkaya pengetahuan, membangun empati dengan masyarakat dan lingkungan, dan tentunya semakin tahu makna literasi secara luas.” NUR HIKMAH

Untuk itu, mari menjadi bagian dari Inspiralova, dan mari menginspirasi bersama kami.

Inspiralova | Muda, Membangun, Menginspirasi |

ig: @inspiralova.id  |  Telp: 0823 7106 6685

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here