Antisipasi Covid, RS Ulin Tambah Ruang Perawatan

0
244

Banjarbaru – Mengantisipasi peningkatan jumlah pasien Covid 19, RSUD Ulin Banjarmasin melakukan penambahan ruang perawatan khusus penanganan pasien Corona. “Rencana mulai besok akan dimulai pengerjaan ruang baru bagi pasien Covid di lantai 4 dan 5 RS Ulin,” ujar Sjah Jehan Sjah Jehan Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Ulin Jumat (15/5) siang di Banjarbaru.

Diperkirakan dengan pengerjaan modifikasi ruang lantai 4 dan 5 tersebut akan mampu menambah 50 ruang perawatan lagi bagi pasien Covid 19. Sebelumnya jumlah ruang perawatan khusus pasien Covid 19 sebanyak 75 ruangan. “Itu termasuk dengan ruang ICU pasien Covid 19,” tambah Jehan.

Penambahan ruang perawatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid 19 yang dirawat d RS Ulin. “Penambahan ruang perawatan Covid 19 adalah arahan langsung dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel,” Terang Jehan.

Penambahan ruang perawatan sangat diperlukan mengingat RS Ulin bukan hanya melayani pasien Covid 19 tapi juga pasien penyakit lainnya. “Ruang perawatan baru juga akan dilengkapi dengan  fasilitas penunjang yang akan dialokasikan ketersediaannya oleh tim gugus tugas provinsi,” kata Jehan.

Untuk penanganan pasien Covid 19, RS Ulin menyediakan IGD khusus dengan fasilitas 7 kasur dan menempatkan sekitar 20-an tenaga medis baik dokter maupun perawat di ruang IGD. “Jadi terpisah dengan ruang IGD umum, ada IGD khusus pasien Covid yang ditempat sekitar 20 tenaga medis,” ujar Jehan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here