Wisma PSBR Budi Satria Siap Tampung ODP Covid 19

0
539

Banjarbaru-  Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria di Jl A Yani Banjarbaru siap menyediakan wismanya untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP) Covid 19 di Kalsel. “Kapasitas wisma PSBR tersebut bisa menampung ODP hingga 150 orang,” ujar Kepala PSBR Budi Satria HM Yus’a Saleh, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/5) siang.

Menurut Yus’a, wisma tersebut dapat digunakan untuk sementara waktu sebelum siswa PSBR masuk sekolah pada tahun ajaran baru nanti. “Saat ini kosong jadi daripada tak terpakai saya mewacanakan digunakan untuk menampung ODP, ini juga sebagai bentuk kepedulian PSBR untuk membantu gugus tugas dalam penanganan Covid 19 di Kalsel,” ungkap Yus’a.

Selaku pimpinan PSBR, Yus’a siap terlibat langsung dalam penanganan para ODP yang ditampung. Selain diberikan pelayanan kesehatan para ODP juga akan diberikan bimbingan rohani dan jasmani.

“ODP yang ditampung akan dikedepankan penyembuhan psikologisnya melalui pendekatan keagamaan dan kesehatan jasmani dengan banyak olahraga dan berjemur dibawah sinar matahari,” katanya.

Faktor lainnya sehingga muncul wacana menjadikan wisma PSBR jadi penampungan ODP adalah kedekatannya dengan bandara internasional Syamsuddin Noor. Sementara untuk sumber daya perawat pihak PSBR akan merekrut  tenaga perawat 13 orang apabila usulan jadi penampungan ODP terealisir.

“Kita harapkan usulan ini dapat direspon gugus tugas dalam rangka penuntasan penanganan Covid 19,” harap Yus’a.

Ia menjamin penanganan ODP di PSBR berbeda karena bukan mengedepankan pendekatan kesehatan tapi juga agamis serta penyehatan otak dan jasmani. “Namun syarat utama ODP masuk di sini harus mengikuti aturan di PSBR karena kita pendekatannya berbeda,” ujar Yus’a.

PSBR adalah salah satu UPTD Dinas Sosial Kalsel. PSBR menampung siswa kurang mampu untuk ditempa pendidikan rohani dan jasmani sert diberikan pelatihan ketrampilan seperti otomotif, bengkel, jahit, Service HP, tata rias wajah, potong rambut dan pembuatan mebel kayu. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here