Imbas Hasil Tracing, Positif Corona di Kalsel Bertambah 116 Kasus

0
199

Banjarbaru -Kasus Positif Covid hari ini Kamis (28/5) mengalami lonjakan drastis. Tercatat ada penambahan 116 kasus positif sehingga total Jumlah orang terpapar Covid di Kalsel menjadi 819 kasus.

Dari 116 penambahan kasus positif yang terjadi, 112 diantaranya berasal dari Kota Banjarmasin. Sisanya 4 kasus positif dari Kota Banjarbaru.

Penambahan kasus positif di Banjarmasin ini mayoritas adalah temuan dari giat Tracking dan tracing yang dilakukan tim surveilance epidemologi. Total temuan sebanyak 102 kasus sementara sisanya dari PDP yang terkonfirmasi positif.

Sementara penambahan 4 kasus positif di Banjarbaru semua dari kasus PDP yang terkonfirmasi positif.

Dari total kasus positif, Sebanyak 666 kasus diantaranya saat ini dirawat di RS dan menjalani karantina khusus.

sementara yang meninggal akibat covid sebanyak 72 kasus atau ada penambahan 1 orang yang meninggal pada hari ini. Untuk kasus Covid yang sembuh tetap 81 kasus.

kasus PDP hari ini tercatat 171 pasien. Sedangkan Total jumlah ODP per hari ini 916 orang.

Wakil ketua harian gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kalsel Hanif Faisol Nurofiq mengatakan untuk menghadapi lonjakan kasus, gugus tugas menyiapkan 1.000 kasur yang terbagi di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Kalsel.

fasilitas karantina khusus juga akan ditambah, sekarang sedang dipersiapkan ruang karantina di BPSDM Kalsel di jalan Panglima Batur Timur Banjarbaru.

Selain itu, Gugus Tugas menyiapkan 500 kantong mayat dan 200 peti jenazah. Selain itu tempat pemakaman khusus juga sudah disiapkan kalau  ada penolakan di tengah masyarakat.

Hanif mengharapkan peran serta dan dukungan masyarakat, agar apa yang diupayakan oleh pemerintah dalam memutus rantai penyebaran bisa berhasil.

“Tanpa dukungan masyarakat, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, akan sulit terwujud,” harapnya. Ary/syh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here