Percepat Swab Test Covid, Kalsel Operasikan 4 Alat PCR

0
166

Banjarmasin- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel mengoperasikan 4 unit alat PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk membaca hasil swab test Covid. Diharapkan dengan jumlah 4 unit alat PCR itu dapat mempercepat hasil test swab keluar.

Alat PCR tersebut saat ini berada di tiga tempat yaitu BBTKLPP Banjarbaru, Balai Veteriner Banjarbaru dan RS Ulin Banjarmasin.

Wakil ketua harian gugus tugas Hanif Faisol Nurofiq baru-baru tadi mengatakan salah satu unit alat PCR tersebut dibeli sendiri oleh gugus tugas dengan nilai Rp 1,3 milyar. “Salah satu kita beli sendiri, sementara 3 lainnya bantuan dari Balai Veteriner 2 alat PCR dan yang dioperasikan di RS Ulin 1 alat PCR,” ujar Hanif di Siring 0 KM Banjarmasin usai menghadiri pelepasan petugas pengamanan Covid oleh Gubernur Kalsel Paman Birin.

Tambahan alat PCR yang dibeli oleh gugus tugas ditempatkan di BBTKLPP Banjarbaru.

Dengan berfungsinya 4 alat PCR ini diharapkan hasil test swab pasien terduga Covid lebih cepat dapat diketahui hasil konfirmasinya. “Dengan 4 alat PCR ini maka diharapkan dapat meningkatkan jumlah hasil test swab yang dilaporkan per harinya,” harap Hanif. 

Sebelum adanya penambahan satu unit PCR, per hari sekitar 180 tes swab dapat dibaca. “Dengan tambahan unit PCR maka akan dapat dibaca 300 swab dalam sehari,” ujar Hanif.

Kepala pelaksana BPBD Kalsel ini berharap ke depan hasil swab test dapat real time. “Begitu test swab dilakukan, sorenya atau maksimal esok harinya dapat diketahui hasilnya,” pungkas Hanif. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here