Kampung Tangguh Tiga Kabupaten Diapresiasi

0
119

Kotabaru – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Gugus Tugas Provinsi Kalsel memberikan apreasiasi atas enam kampung tangguh banua (KTB) yang dikunjungi dalam dua hari mulai Kamis (25/6/2020) hingga Jumat (26/6/2020). KTB yang dikunjungi adalah Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari dan Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut, Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana dan Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, serta Desa Mega Jaya Kecamatan Pulau Laut Utara dan Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam di Kabupaten Kotabaru.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak baik pemerintah daerah  maupun unsur masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid 19 melalui pembentukan kampung tangguh. “Tanpa dukungan masyarakat upaya untuk memutus mata rantai penularan tak akan berhasil karena semua bergantung kedisplinan pribadi masing-masing dalam penerapan protokol kesehatan,” ujar Nico Afinta mengakhiri lawatan di Desa Sarang Tiung Kotabaru.

Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah saat di KTB Desa Ambungan Tala, menilai keberadaan Kampung Tangguh merupakan upaya membangun ketahanan lingkungan berbasis masyarakat dalam melawan penyebaran Covid 19.  “Dengan pembentukan KTB dapat membentuk kemandirian dan ketangguhan  masyarakat melawan bencana wabah sehingga tak selalu bergantung dengan pemerintah setempat,” kata Firmansyah.

Sementara, asisten I Setdaprov Kalsel, H Sugian Noor Bach mewakili Gubernur Kalsel, mengajak masyarakat untuk membiasakan diri dalam beraktivitas menerapkan protokol kesehatan. “Kampung Tangguh banua adalah contoh penerapan protokol kesehatan pencegahan covid 19, semoga dapat memotivasi desa lainnya dalam menerapkan protokol pencegahan covid 19 saat beraktivitas sehari-hari,”’kata Sugian.

Pemprov Kalsel mendukung pembentukan kampung tangguh banua (KTB) di seluruh wilayah Kalsel. “Pembentukan KTB yang diinisiasi Polda Kalsel selaras dengan strategi penanganan Covid 19 yang sedang dilakukan oleh Gugus Tugas Provinsi karena itu kami mendukung pembentukan KTB di seluruh Kalsel,” kata Roy Rizali Anwar, Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, usai meninjau KTB Desa Batulicin Irigasi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here