Paman Birin Apresiasi Partisipasi Masyarakat Ikut Tes Swab

0
167

Banjarbaru – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengapresiasi pelaksanaan tes swab masif di Kalsel yang berhasil lampaui target. Khususnya lagi atas partisipasi masyarakat yang merasa pernah kontak erat hingga mau mengikuti tes swab.

“Tanpa dukungan masyarakat di berbagai kabupaten kota, tes swab masif tak akan berhasil apalagi jumlah tesnya sampai melampaui target,” kata Paman Birin, Rabu (19/8).

Tes swab masif dilaksanakan guna memutus mata rantai penularan Covid 19. “Upaya tersebut tak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat semuanya,” kata Paman Birin.

Kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan tes swab, Paman Birin selaku Ketua Gugus Tugas Kalsel mengucapkan terima kasih. “Kepada seluruh tim surveilance epidemiolog, Gugus Tugas Kabupaten Kota, dan tenaga medis saya mengucapkan terima kasih atas upaya membantu upaya memutus mata rantai penularan Covid 19 ini,” ujar Paman Birin.

Terakhir, Paman Birin mengharapkan doa alim ulama dan seluruh masyarakat agar wabah Corona di banua dapat segera hilang. “Insya Allah dengan ikhtiar dan doa perjuangan kita melawan wabah Covid ini dapat pertolongan Allah SWT,” kata Paman Birin.

Pelaksanaan tes swab masif oleh Pemprov Kalsel melampaui ekspektasi. Hingga 18 Agustus 2020 lalu sudah dilaksanakan 11.770 tes swab di berbagai kabupaten/kota se Kalsel.

Sebelumnya direncanakan akan dilakukan 10 ribu tes swab dengan target 50 persennya dapat menemukan kasus positif Covid 19.

Kadinkes Kalsel HM Muslim mengatakan pelaksanaan tes swab di 8 kabupaten/kota pencapaiannya diatas 100 persen dari alokasi kuota tes swab yang diberikan. “Tes swab tertinggi  adalah Kabupaten Banjar dengan pencapaian 192 persen dan yang paling rendah Banjarmasin dengan 66 persen,” terang Muslim dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/8) siang.

Daerah lainnya yang  capaian tes swabnya diatas 100 persen adalah HSU 168 persen, Tapin 165 persen,  Banjarbaru 159 persen, Tala 145 persen, HSS 117 persen, Batola 110 persen, dan Balangan 101 persen. “Hasil tes swab saat ini masih dalam proses pengujian sampel, dari total lebih 11 ribu tes swab sudah masuk sekitar 8 ribuan specimen yang sedang diuji di laboratorium,” kata Muslim.

Ditargetkan pengujian sampel akan tuntas seluruhnya pada 24 Agustus mendatang. “Hingga saat ini dari specimen yang telah diuji ada 215 sampel yang dinyatakan positif,” kata Muslim. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here