Tes Swab Masif Temukan 873 Kasus Positif

0
149

Banjarbaru – Pelaksanaan 10 ribu tes swab di Kalsel yang dilaksanakan mulai 14 sampai 19 Agustus lalu melebihi target peserta. Dalam realisasinya tes swab yang dilakukan petugas surveilance epidemiolog mencapai 12.032 orang.

“Pelaksanaan tes swab mencapai 12.032 di seluruh kabupaten kota se Kalsel,” kata HM Muslim Kadinkes Kalsel, Senin (25/8) sore. Dari total tes swab masif yang telah dilakukan sebanyak 11.558 spesimen sudah diperiksa melalui mesin PCR di laboratorium BBTKLPP Banjarbaru, RS Ulin,  RS Ansyari Saleh, Balitbangkes Tanbu dan RS Bhayangkara.

“Dari hasil spesimen yang sudah diperiksa tersebut sebanyak 873 orang dinyatakan positif,” terang Muslim. Bila dipersentasekan jumlah temuan positif sebanyak 7,6 persen dari total tes swab dilakukan.

Namun data yang dibeberkan tersebut belum bersifat final. Pasalnya masih ada beberapa kabupaten pelaksanaan tes swab belum mencapai 100 persen.

“Untuk Banjarmasin, Tanbu, HST, Tabalong dan Kotabaru realisasi tes swabnya belum 100 persen, jadi data akan terus berkembang belum final,” kata Muslim.

Tim surveilance epidemiolog hingga saat ini terus berupaya menemukan terduga covid atau kontak erat yang belum dites swab. “Upaya-upaya 3T terus dilakukan Gugus Tugas untuk memutus mata rantai penularan selain mengajak masyarakat untuk patuh akan protokol kesehatan,” ujar Muslim.

Sementara berdasar Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel Senin (25/8) total jumlah pasien yang sembuh  dari paparan Covid 19 sebanyak 5562 orang. Ada penambahan 101 orang yang sembuh pada hari ini.

Total kasus positif Covid 19 hingga hari ini mencapai 7921 kasus. Sedangkan jumlah pasien positif Covid yang sedang menjalani perawatan sebanyak 2017 orang.

Sementara kasus meninggal akibat Covid tercatat sebanyak 342 orang. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here