Kalsel Disiapkan Menyangga Program Food Estate di Kalteng

0
202

Batola – Kemajuan yang dicapai Kalsel di sektor pertanian mendapatkan atensi dari Presiden Jokowi. “Beliau secara langsung menanyakan kepada saya terkait perkembangan lahan pertanian di Kalsel melalui telpon,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri syukuran panen di Handil Masjid Desa Anjir Pasar Lama, Batola Senin (31/8) siang.

Menurut Syahrul, pertanian Kalsel sebenarnya disiapkan untuk memback up  program food estate yang dipusatkan di Kalteng. Food estate merupakan program untuk menjaga ketahanan pangan yang dilaksanakan pemerintah pusat.

“Program food estate memang di Kalteng tapi Kalsel disiapkan untuk memback up,” kata Syahrul

Syahrul yakin dibawah kepemimpinan Gubernur Kalsel, ekspansi lahan pertanian  di Kalsel dapat terus dikembangkan. “Saya yakin Gubernur Kalsel saat ini mampu melakukan optimalisasi lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Syahrul.

Program food estate akan dimulai Bulan September mendatang. Dalam program food estate akan dilaksanakan dua kali tanam padi dan tanaman pangan lainnya dalam setahun.

Kedatangan Mentan RI juga sekaligus menyerahkan bantuan senilai lebih Rp 11 M untuk Satker pangan, Horti, PSP, dan penyuluhan pertanian yang diterima oleh Kepala Dinas TPH Kalsel Syamsir Rahman. Kemudian bantuan dana senilai Rp 200 juta lebih untuk Dinas Peternakan dan Perkebunan untuk bangunan dan alat pembuat asap cair.
Sementara Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga menyerahkan bantuan satu unit traktor kepada Gapoktan Harapan Maju Desa Anjir Pasar Lama. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here