Cetak Tenaga Terampil, PSBR Jalankan Misi Gubernur

0
151

Banjarbaru – Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Bina Satria Dinsos Kalsel sejak dikepalai oleh HM Yus’a Shaleh berhasil mencetak ratusan tenaga terampil usia muda untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Kalsel. “80 persen alumni pendidikan di PSBR diterima dunia kerja,” kata Yus’a, di Kantor PSBR Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (1/9) siang.

Upaya mencetak tenaga terampil berkualitas dan bermental kuat merupakan implementasi misi Gubernur Kalsel Paman Birin untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan, sekaligus menekan angka pengangguran.

“Sesuai misi Paman Birin mengentaskan kemiskinan dan kebodohan, PSBR terus bergerak mencetak SDM berkualitas dan siap kerja,” kata Yus’a.

Sebagai Kepala PSBR, Yus’a turun langsung ikut mengajar walau tanpa honor. “Aturan di sini tegas kita laksanakan bila sudah berkali-kali melakukan kesalahan akan dikeluarkan,” kata Yus’a.

Peserta didik dilatih berbagai keterampilan yaitu bengkel mobil dan motor, Service HP, komputer, menjahit, tata rias dan tata boga. “Ke depannya kita mengusulkan dibuka pendidikan Service AC menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja yang ada,” tambah Yus’a.

Selain itu siswa PSBR juga diajarkan pendidikan rohani serta cara memandikan mengkafani, memandikan dan menshalatkan jenazah. “Itu program pendidikan tambahan yang kami berikan sebagai upaya mencetak generasi muda yang tak cuma punya skill tapi juga berakhlak baik,” kata Yus’a.

Aturan juga diberlakukan secara tegas, gunanya untuk membentuk karakter generasi muda bermental baja bukan mental tempe. “Jadi setelah selesai pendidikan, siswa siap menghadapi dunia kerja,” kata Yus’a.

Pembenahan sarana dan prasarana juga dilakukan, dengan memanfaatkan lahan tak terpakai dibelakang PSBR dijadikan kolam dan taman. “Bekas gudang tak terpakai yang berada di pinggir jalan kita manfaatkan buka bengkel dan barber shop,” jelas Yus’a.

Bengkel PSBR sudah dibuka sejak sebulan lalu. Dikelola oleh Asmadi, tenaga mekanik yang dapat bantuan bedah rumah dari Paman Birin.

“Siswa dan masyarakat yang tak mampu tapi punya skill kita berdayakan lewat PSBR, ini bentuk dukungan kepada program Paman Birin untuk Mensejahterakan masyarakat banua,” pungkas Paman Birin,” pungkasnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here