Banjir di Satui, Gubernur Kirim Bantuan Tanggap Darurat

0
192


Tanah Bumbu – Banjir yang melanda Kecamatan Satui Kabupaten Tanbu sejak Kamis (3/9) Kemaren hingga hari ini Jumat (4/9) di pantau oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dari jarak jauh di kediamannya. Begitu mendapatkan laporan banjir di beberapa desa Kecamatan Satui sejak tadi malam, Paman Birin langsung instruksikan jajaran Tagana Dinsos Kalsel untuk bergerak ke lapangan membantu masyarakat korban banjir.

Kadinsos Kalsel Siti Nuriyani melalui Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, H Ahmadi, mengatakan bantuan tanggap darurat sudah dikirimkan pada hari ini. “Instruksi langsung dari Gubernur Kalsel untuk mengirimkan bantuan tanggap darurat berupa makanan dan minuman, sudah dikirimkan hari ini tadi,” kata Madi.

Tim Tagana Dinsos Kalsel juga telah mendirikan dapur umum untuk kebutuhan makan korban banjir yang mengungsi, berpusat di Desa Sinar Bulan. Dapur umum Tagana menyediakan 2500 paket makanan siap saji dengan jatah 3 kali makan sehari.

Adapun bantuan yang dikirim berupa makanan anak kecil, gula, kopi susu, kue kering, teh celup, minyak goreng dan lain-lain. Bantuan makanan tersebut adalah bantuan yang sifatnya untuk tanggap darurat bagi korban bencana alam.

“Berdasarkan pantauan banjir paling dalam terjadi di Sinar Bulan,” tambah Ahmadi.

Pantauan hari ini ketinggian air sudah mulai menyurut dari 120 cm pada hari ini turun menjadi setinggi 50 cm.

Berdasar data Dinsos Kalsel banjir melanda 7 desa di Kecamatan Satui yaitu Sinar Bulan, Sungai Danau, Sejahtera Mulia, Satui Timur, Satui Barat, Jombang, dan Makmur Mulia.

Sebanyak 2838 kepala keluarga Terdampak akibat banjir.

Paman Birin berpesan kepada para korban banjir agar bersabar dalam menghadapi cobaan berupa bencana  alam ini. “Pesan Gubernur, agar korban banjir tabah menghadapi musibah dan banyak berdoa,” kata Ahmadi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here