Aksi Bersihkan Sampah di Sungai Kemuning Warnai Puncak WCD

0
115

Banjarbaru – Memperingati puncak peringatan World Clean Up Day (WCD)  tahun 2020 Jajaran Pemprov Kalsel melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pemko Banjarbaru menggelar aksi membersihkan sampah di Sungai Kemuning Banjarbaru, Sabtu (19/9) pagi. Gubernur Kalsel Paman Birin diwakili Plh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan Wakil Walikota Banjarbaru Dharmawan Jaya langsung terjun ke Sungai Kemuning membersihkan sampah yang membuat aliran sungai tak lancar dan kotor.

Para kepala dinas di SKPD Pemprov Kalsel maupun Pemko Banjarbaru juga turut terjun ke sungai Kemuning bersama-sama membersihkan aliran sungai. Tampak hadir dalam aksi bersih bersih tersebut antara lain Kadis LH Hanifah Dwi Nirwana, Kepala Bappeda Nurul Fajar Desira, Kadisbunak Suparmi, dan Kadis ESDM Kelik Isharwanto.

Paman Birin dalam sambutan dibacakan Roy Rizali Anwar mengharapkan perilaku hidup bersih dapat menjadi budaya sehari-hari masyarakat di banua. “Budaya hidup bersih perlu lebih digalakkan hingga menjadi kebiasaan di masyarakat,” kata Paman Birin.

Ia berharap peringatan World Cleanup Day 2020 bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan.

“Secara tidak langsung kita hari ini memberikan sebuah motivasi dan meningkatkan kesadaran  masyarakat betapa pentingnya menjaga alam. Kebersihan lingkungan sangat penting. Ketika kita jaga alam dan alam pun menjaga kita,” kata Paman Birin.

Sementara Dharmawan Jaya Setiawan Wakil Walikota Banjarbaru mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Kalsel yang telah memberikan perhatian terhadap masalah lingkungan hidup di Kota Banjarbaru.

“Melalui momen WCD 2020 ini jadikan Reduce, Reuse dan Recycle sebagai budaya dalam upaya penanganan sampah,” kata Jaya.

Sebelumnya saat penyerahan hadiah lomba Bank Sampah di Guntung Manggis, Kadis LH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan gerakan bersihkan sampah pada peringatan world clean up day ini merupakan wujud komitmen Gubernur Kalsel untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Gubernur Kalsel Paman Birin peduli akan kebersihan dan kelestarian lingkungan, kalau seorang pemimpin cinta akan kebersihan lingkungan maka itu menunjukkan dia cinta juga kepada rakyatnya,” kata Hanifah. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here