Forkopimda Kalsel Puji Kinerja Penanganan Covid di Tabalong

0
164

Tanjung – Usai di Balangan, Rombongan Satgas Covid 19 dan Forkopimda Kalsel melanjutkan giat Monev di Kabupaten Tabalong, Rabu (4/11) siang. Dalam pertemuan tersebut Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta dan Danrem Brigjen Firmansyah melakukan pertemuan dengan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta jajaran  di Pendopo Pemkab Tabalong.

Rudy mengapresiasi jajaran Satgas Covid dan Forkopimda Tabalong yang mampu menekan penularan Covid termasuk menekan angka kematian. “Keberhasilan Tabalong dalam pengendalian  dan penanganan Covid berkat sinergitas semua pihak termasuk unsur tokoh agama dan masyarakat,” nilai Rudy.

Ia juga berharap agar diperhatikan juga kehidupan sosial ekonomi masyarakat. “Penanganan harus menyeluruh, baik kesehatan maupun penanganan ekonomi dan jaring pengaman sosial di masyarakat,” harap Rudy

Namun patut disyukuri berdasar laporan kegiatan ekonomi di Tabalong sudah mulai berjalan dengan baik.

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengungkapkan dalam 20 hari terakhir tak ada kasus positif di Tabalong. “Tabalong mencatat 420 kasus positif, 412 diantaranya sembuh dan 8 orang meninggal, dan sejak 20 hari terakhir tak ada ditemukan kasus positif,” ungkap Syakhfiani.

Anggaran Covid Tabalong disediakan Rp 127 milyar dan telah direalisasikan Rp 50 M. “Tiada hari tanpa operasi yustisi di Tabalong hingga saat ini tingkat penggunaan masker di masyarakat 96 persen,” kata Syakhfiani.

Keberhasilan Tabalong mengendalikan Covid tak lepas dari peran serta semua pihak baik unsur Forkopimda maupun unsur tokoh agama dan masyarakat. Kunci keberhasilan Tabalong mengendalikan Covid adalah sinergitas serta antisipasi dini dalam menjaga wilayah dari penularan covid.

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta menyatakan salut dengan kinerja Satgas Covid Tabalong sehingga saat ini nihil kasus covid. “Ini berkat sinergitas yang baik antar Forkopimda maupun masyarakat,” kata Nico.

Sementara Brigjen Firmansyah mewanti-wanti terjadinya gelombang kedua wabah Covid. “Karena itu tetap lakukan langkah penanganan secara serius serta terus mensosialisasikan protokol kesehatan hingga menjadi kebiasaan baru,” kata Firmansyah.

Usai pertemuan Rudy menyerahkan bantuan 1500 masker kepada Bupati Tabalong Anang Syakhfiani. Selanjutnya rombongan meninjau pusat isolasi Covid 19 di bangunan bekas RS Badaruddin Tanjung.

Eks bangunan rumah sakit tersebut direncanakan akan dijadikan pusat penanganan pasien Covid oleh Bupati Tabalong. “Kita mendukung dijadikannya bekas rumah sakit Badaruddin ini dijadikan pusat penanganan Covid di Tabalong, sebelum nantinya untuk jangka panjang akan dijadikan rumah sakit tipe C,” kata Rudy. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here