Bagian Keluarga Ponpes Darussalam, Guru Wildan Angkat Paman Birin Dangsanak Dunia Akhirat

0
275

Martapura – H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Darussalam Martapura Kamis (19/11) siang. Paman Birin datang sekitar pukul 10.00 Wita, tepat saat asyrakal (berdiri) di tengah pembacaan Maulid Habsyi oleh para santri Darussalam.

 

Selain Paman Birin, hadir lebih dahulu Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Pimpinan Tahfizhul Quran Darussalam KH Wildan Salman, Ketua Yayasan Ponpes Darussalam HM Dr Husien MAg, Pimpinan Ponpes Darussalam KH Hasanuddin, Ketua Alumni Darussalam Ahmad Fauzan Saleh, segenap dewan guru dan pengurus, alumni Ponpes Darussalam serta para santri yang telah berdatangan sejak pagi hari.

Sebelum masuk areal Ponpes, para santri dan tamu undangan diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan yang telah disediakan panitia tempatnya.

Peringatan Maulidurrasul tahun 2020 atau 1442 Hijriyah ini juga dilaksanakan secara virtual  melalui Live streaming saluran TV dan juga disiarkan melalui kanal youtube. Disaksikan secara virtual oleh masyarakat dan 48 pondok pesantren/majelis taklim di 13 kabupaten/kota se Kalsel.

Fauzan Saleh selaku panitia acara mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Paman Birin yang hadir sebagai bagian dari keluarga besar Ponpes Darussalam. “Beliau adalah zuriat dari Syekh Abdul Kadir Hasan,” kata Fauzan.

Sementara KH M Husien, berharap silaturahmi antar alumni Ponpes Darusalam terus terjalin dengan erat di masa mendatang.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman dalam sambutannya mengajak hadirin agar mengambil makna dan hikmah dalam rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 ini.

Tausiyah disampaikan oleh , Guru Hasanuddin Badruddin dan Guru Wildan Salman secara bergantian. Sekaligus dilaksanakan pemberian ijazah persaudaraan sesama alumni dan keluarga besar  Ponpes Darussalam
Usai acara, KH Wildan Salman mengatakan bahwa Paman Birin hadir sebagai bagian dari keluarga besar Ponpes Darussalam. “Beliau zuriat Pimpinan Ponpes Darussalam ke empat Syekh Abdul Kadir Hasan atau dikenal Guru, nasabnya Paman Birin bin Abdussamad bin Arifin, dan Arifin ini adalah sepupu Guru Tuha,” terang Guru Wildan.

Sementara dari pihak ibunda Paman Birin adalah termasuk zuriat Datuk Kalampayan atau Syekh M Arsyad Al Banjary.

“Tadi kita juga mengijazahkan peningkatan pertalian persaudaraan keluarga besar dan alumni Ponpes Darussalam, jadi semua bagian dari keluarga besar Darussalam adalah dangsanak dunia akhirat satu sama lain termasuk Paman Birin,” pungkas Guru Wildan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here