Air Terjun Haratai, Pesona Alam Loksado

0
307

Hulu Sungai Selatan – Air Terjun Haratai salah satu objek wisata paling terkenal di Kecamatan Loksado Hulu Sungai Selatan. Sejak awal tahun 2000-an, sudah sangat ramai warga berkunjung ke air terjun ini walau dengan kondisi jalan setapak yang ekstrem.

Namun sekarang lokasi air terjun sudah dibangun gazebo oleh Pemerintah daerah. Jalan menuju ke sana sudah di cor dengan semen dengan ukuran lebar 1,5. Hanya cukup dilalui oleh kendaraan roda dua.
medan jalan  naik turun dengan tajam serta harus melewati beberapa jembatan gantung. Karena itu bila traveling ke sana pakai motor harus hati-hati saat melewatinya.

Air terjun Haratai memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Debit airnya cukup besar dan arus deras sehingga sulit  berenang di sekitar air terjun.

Airnya sangat jernih dan dingin. Berenang di sekitar air terjun memiliki sensasi tersendiri.

Di sekitar air terjun juga disediakan lanting paring bagi pengunjung yang ingin menyeberangi telaga.

Selain beberapa gazebo, juga telah disediakan WC, jembatan dan tangga semen. Dari Desa Loksado Pasar, jaraknya 8 sampai 9 kilometer. Adapun dari Kandangan jaraknya sekitar 50 kilometer dan dari Banjarmasin sejauh 185 kilometer.

Bila ditempuh jalan kaki dari Pasar Loksado sekitar 1 jam lebih. Pengunjung juga bisa menggunakan jasa ojek masyarakat lokal sebesar Rp 50 ribu sekali jalan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here