Dispora Kalsel Berupaya Angkat Batang Tarandam Balogo dan Bagasing

0
102

Banjarbaru – Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel mengangkat batang tarandam dengan menggelar lomba Balogo dan Bagasing antar SKPD di lingkup Pemprov Kalsel di halaman kantor Setdaprov Kalsel, Selasa (1/12) tadi. Para ASN antusias mengikuti lomba yang digelar memeriahkan HUT KORPRI 2020 itu.

Ada 30 grup SKPD mengikuti lomba Balogo sementara untuk Bagasing diikuti 20 orang ASN.

Kadispora Kalsel, H Hermansyah tak menyangka ASN di pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ternyata antusias mengikuti lomba tersebut. “Banyak masukan kepada saya agar menggelar lagi kegiatan lomba permainan tradisional itu dalam skala lebih besar,” kata Hermansyah.

Kegiatan lomba Balogo dan Bagasing ini diistilahkan sebagai upaya mengangkat batang tarandam. Pasalnya, permainan tradisional itu kini mulai pudar khususnya di kalangan generasi muda akibat perkembangan zaman.

“Karena itulah, untuk mengangkat batang tarandam, kita gelar lomba Balogo dan Bagasing sehingga olahraga tradisional ini tak semakin tenggelam,” ujar Hermansyah.

Diharapkan melalui festival Balogo dan Bagasing, generasi muda semakin kenal dengan permainan tradisional para leluhurnya. “Kita berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan minat generasi muda terhadap permainan tradisional leluhurnya sekaligus ikut aktif melestarikan permainan tersebut,” kata Hermansyah. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here