Pilkada Gembira, Lagu Paman Birin – Muhiddin Populer di Masyarakat

0
129

Tabang bamban bawa ka Kuin
Tabang sabuku buat ka jukung
Paman Birin Haji Muhidin
Numur satu nang kita dukung

Humbut niyur wan iwak patin
Lakas disurung makan di ambin
Sabanuaan maharap sidin
Malanjutakan jadi pamimpin

Sungai Jingah kalahirannya
Di Tunggul Irang padatuannya
Cangkal bagawi marakyat sifatnya
Haji Sahbirin pamimpin kita

Murah sanyum sidin urangnya
Kota Tapin kalahirannya
Duduk rapat lawan ulama
Haji Muhidin jadi wakilnya

ITULAH bait syair lagu pasangan Paman Birin – H Muhidin (BirinMu). Dikemas irama kental tradisi Banua, dituturkan dengan bahasa Banjar yang khas. Langgamnya gembira, didendangkan ceria. Terkandung informasi tegas dan jelas. Tentang jati diri, sifat dan perilaku mereka.

Lagu merakyat yang kini populer dan setiap hari begitu mudah diakses di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Lagu yang sangat familiar dengan tradisi asli Urang Banua. Siapa pun menyukainya.

Selaras dengan lagu itu, BirinMu juga tampil berbusana khas dominan kuning. Lengkap dengan Laung Tinggi (ikat kepala), lambang keramat Urang Banua.

Ciri-ciri khas itulah nanti yang tampil dan muncul di surat suara Pilkada 2020. Nomor 1, letaknya di sebelah kiri. Yang akan dicoblos pemilih pada 9 Desember.

“Jangan kada ingat, 9 Desember, harinya Rabu, datang ke TPS dengan gembira. Amati surat suara. Ada foto kami di sana, nang balaung,” kata Paman Birin.

Insyaallah, lanjut Paman Birin, bersama H Muhidin, ia akan amanah dalam memimpin Banua. Melanjutkan berbagai pembangunan yang berpihak kepada kepentingan seluruh rakyat Kalsel. Pembangunan yang selama periode 2016 – 2021 sudah berjalan dengan baik.

“Amun kada kita Urang Banua nang paduli lawan Banua, siapa lagi. Ulun mohon doa restu seluruh masyarakat Banua. Mudahan Pilkada Serentak 2020 berjalan lancar, aman dan damai. Menghasilkan pemimpin sesuai kehendak Urang Banua,” pungkas Paman Birin. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here